Satpol PP Klungkung Bersihkan Belasan Baliho dan Banner Tak Berizin

0
5
Satpol PP Klungkung Bersihkan Belasan Baliho dan Banner Tak Berizin
BALIHO - Anggota Satpol PP Klungkung menertibkan baliho dan banner yang dipaku di pohon di sepanjang jalan Desa Tihingan dan Desa Aan, Banjarangkan, Senin (24/8/2020).

Semarapura, DenPost

Satpol PP Klungkung kembalimenertibkan belasan baliho dan banner yang dipasang tanpa izin dan tidak pada tempatnya, Senin (24/8/2020). Penertiban diawali dari jalan-jalan protokol di Kecamatan Banjarangkan. Selain itu, petugas Satpol PP juga menertibkan baliho yang berisikan dukungan terhadap Jerinx SID, karena dianggap tidak dipasang pada tempatnya dan dapat mengganggu ketertiban umum.

Kabid Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Klungkung, I Nyoman Kariyasa, ketika dimintai konfirmasi mengatakan, penertiban baliho tidak berizin diawali di seputaran jalan Desa Tihingan – Desa Aan, Banjarangkan. Setelah dicek, ternyata banyak baliho dan banner tentang penerimaan siswa baru yang dipasang di pinggir jalan tanpa izin. Bahkan beberapa dipasang dengan cara dipaku di  pohon perindang sehingga semuanya langsung dicabut dan diberhangus.

Baca juga :  Kakak Beradik di Tulang Nyuh Meninggal Akibat Lever

“Ada belasan baliho dan banner yang kami turunkan tadi di sepanjang jalan di Pau dan Desa Aan. Beberapa banner bahkan sampai dipaku di pohon. Ini melanggar Perda Ketertiban Umum No 2 Tahun 2014, karena mengurangi keindahan, ketertiban dan ketentraman,” ungkap Kariyasa.

Setelah menertibkan baliho dan banner di wilayah Banjarangkan, patroli Satpol PP dilanjutkan ke Desa Gelgel. Di wilayah Gelgel, petugas Satpol PP menemukan ada sebuah baliho dukungan terhadap Jerinx yang ditempel di tembok warung milik warga. Namun setelah ditanya, pemilik warung itu mengaku tidak mengetahui siapa yang memasang baliho itu.

Baca juga :  Bupati Klungkung Dukung Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”

“Baliho itu dipasang di tembok rumah warga dan harusnya mendapat izin dari pemilik rumah. Tapi setelah kami tanya pemilik warung, ternyata ia tidak tahu siapa yang memasang baliho tersebut  hingga kami turunkan,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Satpol PP dan Damkar Klungkung,  I Komang Agus Sanjaya, mengatakan, memang selama ini ada pro dan kontra terkait dipasangnya baliho dukungan terhadap Jerinx tersebut. Tapi karena dikhawatirkan baliho itu membuat masyarakat abai dengan protokol kesehatan maka diturunkan oleh Satpol PP. Apalagi saat ini penyebaran covid-19 masih masif di Klungkung.

Baca juga :  Dapat Asimilasi Corona, Residivis Malah Mencuri Kain

“Dikhawatirkan juga baliho itu menimbulkan konflik, padahal kasus hukum Jerinx masih berproses di kepolisian,” ungkapnya.

Sementara sebelumnya, tim gabungan yang terdiri dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP juga sudah sempat menurunkan dua baliho dukungan terhadap drumer Superman Is Dead (SID) tersebut di Wilayah Banjarangkan. Termasuk melakukan penertiban terhadap pedagang di pasar Galiran yang berjualan di atas trotoar dan mengimbau pengunjung untuk menggunakan masker. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini