Waspada, Gelombang Tinggi Capai 4 Meter Terjadi di Wilayah Ini

0
6
Picsart 08 24 07.20.33
GELOMBANG TINGGI - Gelombang tinggi masih terjadi di beberapa perairan dalam 3 hari ke depan dari analisa Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar.

Kuta, DenPost

Gelombang tinggi masih terjadi di beberapa perairan dalam 3 hari ke depan. Menurut analisa Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, peluang tinggi gelombang laut bisa mencapai 2,5 sampai 4.0 meter.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, Iman Fatchurochman, Senin (24/8/2020), memaparkan tinggi gelombang laut 1,25 meter sampai 2,5 meter atau sedang berpotensi terjadi di laut Bali dan laut Sumbawa. Sedangkan tinggi gelombang laut 2,5 meter sampai 4,0 meter berpotensi terjadi di Selat Bali bagian selatan, selat Lombok bagian selatan, Selat Alas Bagian Selatan, Samudra Hindia Selatan Bali-NTB.

Baca juga :  Rakor Dengan Kajari Badung, Ini Harapan Suiasa

Melihat kondisi ini, sambung Iman agar diperhartikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, seperti untuk perahu nelayan yang diwaspadai adalah kecepatan angin di atas 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Sedangkan perahu tongkang yang diwaspadai adalah kecepatan angin di atas 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Demikian juga untuk kapal Ferry harus mewaspadai kecepatan angin di atas 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. Sedangkan untuk kapal ukuran besar, seperti kapal kargo atau kapal pesiar yang perlu diperhatikan adalah kecepatan angin lebih dari 27 knot dan gelombang tinggi di atas 4,0 meter. Prediksi gelombang ini diperkirakan masih berlangsung pada, 25 Agustus 2020.

Baca juga :  Penumpang di Bandara Ngurah Rai,Domestik Menggeliat, Internasional belum Beranjak

Kapal-kapal dan masyarakat yang melakukan aktivitas di wilayah tersebut, diharapkannya senantiasa waspada dan memperhatikan peringatan dini tersebut. Selain itu juga selalu memperhatikan update informasi cuaca dari pihak BMKG. (113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini