Pendaftaran Tinggal Menghitung Hari, Rekomendasi Kedua Pasang Calon Belum Turun

0
7
Pendaftaran Tinggal Menghitung Hari, Rekomendasi Kedua Pasang Calon Belum Turun
REKOMENDASI - Partai Nasdem saat memberikan rekomendasi untuk paket yang diusung KRBB yakni I Gusti Ngurah Agung Diatmika - I Wayan Muntra (Diatmika-Muntra).

Mangupura, DenPost

Pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Badung pada Pilkada serentak tahun 2020 bakal dimulai pada 4-6 September ini. Kendati begitu, baik PDI Perjuangan maupun partai koalisi penantang PDI Perjuangan yakni Koalisi Rakyat Badung Bangkit (KRBB) belum secara resmi mendeklarasikan calon yang bakal diusung.

Peta politik sebetulnya sudah tergambar. PDI Perjuangan hampir final mendukung petahana yakni I Nyoman Giri Prasta sebagai bakal calon Bupati Badung dan I Ketut Suiasa sebagai bakal calon Wakil Bupati Badung. Hanya tinggal menunggu rekomendasi keluar saja dari DPP PDI Perjuangan.

Begitu pun KRBB, sudah bertekad mendukung I Gusti Ngurah Agung Diatmika – I Wayan Muntra (Diatmika-Muntra) bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati Badung. Namun persoalannya sama, tinggal menunggu rekomendasi resmi dari masing-masing partai pendukung yang tergabung dalam KRBB, yakni Golkar, Gerindra, dan Nasdem.

Baca juga :  Terbawa Ombak, Jenazah Orok Terdampar di Pantai Legian, Kuta

Ketua KRBB, AA Tri Candra Arka, saat dimintai konfirmasi mengakui masih menunggu keluarnya rekomendasi resmi. “Kalau mengacu pada kesepakatan yang kita buat pada tanggal 31 Juli 2020 di Sekretariat KRBB, 3 partai politik yang masuk KRBB yakni Golkar, Gerindra, Nasdem dan sudah sepakat dan bulat untuk mendukung dan melahirkan pasangan Diatmika – Muntra. Namun, sejauh ini baru rekomendasi dari Nasdem sudah saya terima pada Senin (24/8/2020),” katanya, Selasa (25/8/2020).

Disinggung apakah KRBB sudah menentukan hari untuk mengantarkan bakal calon mendaftar ke KPU Badung, politisi asal Kerobokan, Kuta Utara itu mengaku belum melangkah sejauh itu. “Yang jelas kalau rekomendasi sudah keluar semua, tentu kita akan adakan pertemuan lagi untuk mencari hari baik mendaftar. Pendaftaran kan dari tanggal 4-6 September 2020,” tandasnya.

Baca juga :  Cegah Virus Corona, Boshe VVIP Club Disemprot Desinfektan

Sementara itu, beredar kabar I Nyoman Giri Prasta selaku Ketua DPC PDI Perjuangan dan sekaligus bakal calon dipanggil Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, terkait rekomendasi. Hanya saja, informati itu langsung dibantah oleh Giri Prasta. “Tidak, tidak ada dipanggil,” terpisnya usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Badung, Selasa kemarin.

Walau demikian, dalam beberapa kesempatan Giri Prasta menegaskan tidak akan mendahului kewenangan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan menyangkut masalah rekomendasi. “Kami menunggu apapun hasilnya dan yang diputuskan oleh ibu ketua umum terkait Pilkada di Badung, kita harus hormati dan kita jalani,” katanya.

Baca juga :  Desain Visual Catur Muka Mulai Digarap

Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, mengatakan, sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program Dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, jadwal pendaftaran pasangan calon pada 4-6 September 2020. “Untuk penetapan pasangan calon calon yakni pada tanggal 23 September 2020,” terangnya.

Selanjutnya pada 24 September 2020 pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon. Adapun masa kampanye, terang pria yang akrab disapa Kayun ini, dijadwalkan pada 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020. (115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini