Proyek Drainase Akibatkan Pipa PDAM Denpasar Bocor, Distribusi Air Terganggu

0
4
Picsart 08 25 05.46.18
KEBOCORAN PIPA - Pelaksanaan pekerjaan proyek perbaikan saluran air dan trotoar yang mengakibatkan kebocoran pipa distribusi milik Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar.

Dauh Puri Kaja, DenPost

Pelaksanaan pekerjaan proyek perbaikan saluran air dan trotoar ruas jalan simpang Sanur- Tohpati dan Tohpati – Sakah yang dilaksanakan Dinas PUPR Nasional (Bali Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur – Bali), mengakibatkan kebocoran pipa distribusi milik Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar.

Kebocoran pipa ini, terjadi di seputaran Jalan WR. Supratman dan di Jalan by-pass Ngurah Rai di barat jalan arah ke selatan sampai di jembatan akibat terkena geruk alat berat (sovel). Hal inipun membuat pendistribusian air ke pelanggan terganggu, seperti di Jalan Bakung, Jalan Sekar Sari Tohpati, dan Jalan Gandapura. “Hal inilah yang mengakibatkan air kecil dan keruh, serta air mati selama dua hari,” kata Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, Putu Yasa, didampingi Humas Ketut Jombang, Selasa (25/8/2020).

Baca juga :  82 Warga Terpapar Covid-19, Dua Meninggal Dunia

Ditambahkan Yasa, dalam hal ini petugas teknis lapangan sudah menindaklanjuti kebocoran-kebocoran itu, supaya pendistribusian atau pengaliran air ke pelanggan di wilayah-wilayah terdampak tetap terkendali. “Jadi, perlu kami sampaikan bahwa selama proyek berlangsung tidak menutup kemungkinan terjadinya kebocoran pipa distribusi yang menyebabkan gangguan pendistribusian atau pengaliran air ke pelanggan. Kami tetap meminta kepada masyarakat menampung air jika ada gangguan lagi,” ujarnya.

Baca juga :  Terkait Stimulus, Diskop Denpasar Hanya Ajukan 147 Koperasi ke Pemprov

Sementara itu, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar juga melakukan pekerjaan pengurasan intake cadangan di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Belusung, akibat sudah penuh lumpur yang dilaksanakan pada, Selasa (25/8) kemarin, sekitar pukul 09.00 Wita. Karena adanya pengerjaan pengurasan ini, akan terjadi gangguan aliran air di wilayah Denbar, Denut dan Dentim. “Kita mengadakan pengurasan intake cadangan yang penuh dengan pasir dan bahkan pompa kita yang rusak. Pengurasan dimulai pukul 09.00 Wita sampai pukul 13.00 Wita selesai. Karena intake cadangan kita tidak beroperasi dengan kapasitas 200 liter perdetik, sehingga IPA di Belusung beroperasi setengah. Mudah-mudahan IPA bisa beroperasi secara penuh sorenya,” ucapnya.

Baca juga :  Covid-19 di Denpasar, 9 Pasien Sembuh dan 10 Positif

Untuk gangguan akibat pengurasan ini, untuk wilayah Dentim yang terganggu, yakni Jalan Siulan, Jalan Trenggana, Penatih, Denut (Cekomaria, Peguyayangan Kaja, Peguyanan Kangin, Peguyangan, Ubung Kaja dan Ubung), serta Denbar (Padangsambian Kaja dan Perumnas Monang-maning). “Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar air untuk pelanggan bisa mengalir normal.lagi pada malam hari ini (Selasa-red). Dan kalau masyarakat butuh air, kami siapkan mobil tanki untuk suplai air bersih,” tandasnya. (112)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini