Di Denpasar, Vaksinasi HPR Sasar Empat Lokasi

0
4
Di Denpasar, Vaksinasi HPR Sasar Empat Lokasi
VAKSIN – Dokter hewan dari Dinas Pertanian Kota Denpasar memvaksin anjing peliharaan warga di Br. Biaung, Desa Keseiman Kertalangu, Denpasar Timur, Rabu (26/8/2020).

Biaung, DenPost

Dinas Pertanian Kota Denpasar melakukan vaksinasi terhadap hewan penular rabies (HPR) di empat lokasi, Rabu (26/8/2020). Kadis Pertanian Kota Denpasar, Gede Ambara Putra, didampingi Kasi Kesehatan Hewan, Drh. IA Made Sri Martini, mengatakan, empat lokasi yang disasar yakni di Br. Biaung, Desa Kesiman Kertalangu dan Tohpati, Denpasar Timur. Disusul di Banjar Langon, Desa Sanur Kaja dan Br. Abasan, Desa Padangsambian Kelod. ”Pola yang kami terapkan dalam memvaksin anjing mulai dari jemput bola, ke rumah warga sampai tempat umum seperti Pantai Matahari Terbit sampai Pantai Mertasari dan tempat strategis lainnya,’’ kata Ambara Putra.

Dikatakan Ambara Putra, dalam pemberian vaksin ini pihaknya dibantu dokter mandiri karena tenaga yang dimiliki Dinas Pertanian cukup terbatas. Vaksinasi terus digencarkan khususnya di daerah perbatasan. ”Kami sudah jadwalkan turun ke lapangan bersama tim setiap hari melakukan vaksin di masing-masing banjar. Namun masih ada masyarakat enggan membawa anjing saat ada program vaksin grastis di balai banjar,’’ ujar Ambara Putra.

Baca juga :  Dewan Dorong Satgas Desa Adat Diberi Dana APBD

Dia menyatakan, petugas tidak mendatangi rumah warga, melainkan petugas bersama dokter mendiri dari yayasan tetap turun melakukan vaksinasi anjing liar atau diliarkan. Namun kalau ada rumah warga dilewati akan disinggahi sekaligus memvaksin anjing yang dipelihara. ”Terobosan ini kami lakukan untuk mempertahankan Denpasar tetap bebas (zero) rabies dari tahun 2017,’’ jelasnya. (103)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini