Badung Luncurkan Aplikasi E-Surat dan E-Arsip

0
11
Badung Luncurkan Aplikasi E-Surat dan E-Arsip
SOSIALISASI - Sosialisasi penerapan aplikasi e-Surat dan e-Arsip dengan penerapan tanda tangan elektronik di lingkungan Perangkat Daerah Kabupaten Badung.

Mangupura, DenPost

Pemerintah Kabupaten Badung meluncurkan aplikasi e-Surat dan e-Arsip dengan penerapan tanda tangan elektronik di lingkungan Perangkat Daerah Kabupaten Badung. Kabag Humas Setkab Badung, Made Suardita, Rabu (26/8/2020) menjelaskan, program ini merupakan bentuk cross-cutting antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan selaku perancang proses bisnis, Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai developer pembangun sistem dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Badung dalam hal tata naskah dinas dan regulasi.

“Dengan adanya aplikasi ini, proses tata kelola persuratan dapat dilakukan secara online, baik dalam hal menerima surat masuk, disposisi surat, koreksi konten surat, persetujuan surat, mengirim surat elektronik, maupun penandatanganan surat dengan menggunakan tanda tangan elektronik yang sertifikatnya dikeluarkan oleh Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN),” paparnya.

Baca juga :  Kecanduan Narkoba, Buda Gagal Kuliah dan Jalani Rehab

Lebih lanjut dikatakan, sosialisasi dan bimbingan teknis telah dilaksanakan kepada unit pengolah arsip di seluruh perangkat daerah. “Kegiatan sosialisasi juga tetap menerapkan protokol kesehatan. Jumlah peserta dibagi menjadi 6 perangkat daerah per sesi kegiatan dan dalam sehari dilaksanakan dua sesi bimtek yang bertempat di Dinas Komunikasi dan Informatika. Setelah bimbingan teknis dan sosialisasi selesai, perangkat daerah dipersilakan melaksanakan uji coba di kantor masing-masing dan dapat berkonsultasi kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ataupun Dinas Komunikasi dan Informatika untuk pendalaman materi,” terangnya.

Baca juga :  Penderita Covid-19 Meninggal, Seorang Warga Berstatus ODP

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung, I Gusti Ngurah Jaya Saputra, menyampaikan, aplikasi ini sangat membantu nantinya dalam  proses birokrasi dan tata kelola persuratan dan arsip. “Di masa pandemi ini kita dituntut untuk tetap menerapkan protokol physical distancing, maka aplikasi ini akan sangat berguna karena tata kelola persuratan dapat dilakukan dari mana pun dan kapan pun juga dengan menggunakan gawai tanpa perlu adanya tatap muka,” katanya. (115)

Baca juga :  Selama Tiga Bulan, Krama Kedonganan Bakal Terima Bantuan Sembako dari LPD

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini