Optimalkan Pungutan Pajak Pusat dan Daerah, Pemkab Buleleng Lakukan Ini

0
6
Optimalkan Pungutan Pajak Pusat dan Daerah, Pemkab Buleleng Lakukan Ini
TANDA TANGAN - Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, didampingi Sekda Gede Suyasa saat penandatangan kerjasama secara virtual, Rabu (26/8/2020).

Singaraja, Denpost

Pemkab Buleleng melakukan kerjasama dengan Direktorat Jendral Pajak (DJP) dan Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan (DJPK) terkait optimalisasi pemungutan pajak pusat dan pajak daerah. Penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilakukan secara virtual di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng, Rabu (26/8/2020). Perjanjian kerja sama tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pertukaran dan pemanfaatan data dan informasi perpajakan, data perizinan, serta data atau informasi lainnya. Selain itu, kerjasama ini juga untuk mengoptimalkan penyampaian data informasi keuangan daerah dan mengoptimalkan pengawasan bersama atas kepatuhan wajib pajak.

Sekda Buleleng, Gede Suyasa, Kamis (27/8/2020) mengatakan, kerjasa ini juga untuk mengoptimalkan pemanfaatan program atau kegiatan peningkatan pelayanan perpajakan kepada masyarakat, meningkatkan pendampingan dan dukungan kapasitas di bidang perpajakan, dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan aparatur di bidang perpajakan. Penandatanganan ini, dilakukan secara serentak bersama 78 pemerintah daerah se-Indonesia.

Baca juga :  TP PKK Buleleng dan KMB Berikan Sumbangsih ke Kader PKK Desa Tukadmungga

“Kerjasama optimalisasi ini untuk membuat pungutan pajak seefektif mungkin. Nilai kinerja terbaik yang berkaitan dengan pajak adalah efektivitas pungutan. Ini juga dapat berpengaruh pada pendapatan pusat, karena akan menjadi Dana Bagi Hasil (DBH), jadi  itu merupakan faktor penting,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, perjanjian ini untuk membangun integeritas antara pemerintah pusat melalui Kanwil dengan Pemkab Buleleng. Suyasa berharap, dengan adanya kerjasama ini, pungutan pajak di Kabupaten Buleleng dapat lebih optimal. (118)

Baca juga :  Penyegaran, Bupati Agus Suradnyana Geser Ini

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini