Disdukcapil Denpasar Beri Layanan Mudah Antar Berkas Adminduk Via Ini

0
6
Picsart 08 28 06.27.48
LAYANAN BARU - Kadis Dukcapil Kota Denpasar, Dewa Gde Juli Artabrata, didampingi Kabid Inovasi Pelayanan, I Gusti Ngurah Agung, saat menjelaskan layanan terbaru di Kantor Disdukcapil Kota Denpasar, Jumat (28/8/2020).

Dauh Puri Kaja, DenPost

Sebagai langkah lanjutan untuk menyempurnakan Layanan Sistem Pendaftaran Daring (Si-Taring) dan menjawab tantangan pelayanan di masa adaptasi kebiasaan baru, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar, menjalin kerjasama kemiteraan dengan Go-Jek Indonesia. Di mana, pelayanan pengambilan dan pengantaran berkas Administrasi Kependudukan (Adminduk) dapat dilaksanakan menggunakan aplikasi Go-Jek dengan fitur layanan Go Sent yang akan dimulai, 1 September mendatang.

Kadis Dukcapil Kota Denpasar, Dewa Gde Juli Artabrata, didampingi Kabid Inovasi Pelayanan, I Gusti Ngurah Agung, Jumat (28/8/2020), menjelaskan mulai 1 September mendatang, layanan pengambilan berkas adminduk dapat dilaksanakan melakui aplikasi Go-Jek. Hal ini dilaksanakan guna melengkapi layanan Si Taring yang diluncurkan pada, 8 Juni lalu. “Per tanggal 1 September akan dilaksanakan penandatanganan MoU antara Disdukcapil Kota Denpasar dengan Go-Jek, selanjutnya layanan pengambilan berkas dapat dilaksanakan via Go-Jek dengan fitur Go Sent,” kata Dewa Juli.

Baca juga :  Wujudkan Pelayanan 24 Jam, PDAM Lakukan Ini di Serangan

Lebih lanjut dijelaskan Dewa Juli, nantinya masyarakat yang melaksanakan pengurusan dokumen adminduk melalui layanan Si Taring akan mendapatkan notifikasi yang disertai dengan link untuk pengambilan berkas Selanjutnya, masyarakat dapat memilih layanan pengambilan. Mulai dari mencetak mandiri dari rumah, mencetak langsung ke Disdukcapil, mencetak mandiri di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), serta mencetak berkas adminduk di Disdukcapil untuk selanjutnya diantarkan melalui Go-Jek. “Jadi kami tekankan menggunakan Go-Jek ini tidak mutlak, ada beberapa pilihan kepada masyarakat, baik mandiri, via ADM atau lewat Gojek semuanya bisa. Namun, untuk Gojek biaya pengiriman dibebankan kepada masyarakat selaku pengguna jasa, dengan keunggulan dapat diantarkan kemanapun dan dimanapun posisi terkini pemilik berkas,” jelasnya.

Baca juga :  Kasus Positif Covid-19 Tertinggi, Pemkot Diminta Tegas

Dewa Juli, menambahkan dengan penambahan layanan pengiriman lewat Gojek ini, masyarakat Kota Denpasar dapat lebih mudah memanfaatkan layanan pengurusan dokumen adminduk. Di mana, segala jenis pengurusan dapat dilaksanakan kapan pun dan dimanapun, termasuk untuk mendukung percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 dengan meminimalisir kontak langsung. “Jadi dari pendaftaran, proses hingga pengantaran dapat dilaksanakan secara online dan masyarakat tetap tinggal di rumah. Kecuali dokumen kependudukan lainya yang mewajibkan kehadiran pemohon,” ujar Dewa Juli.

Baca juga :  Berkunjung ke Bali, Wisnu mesti Patuhi SE Gubernur

Beberapa layanan yang dapat menggunakan layanan pengiriman via Gojek, selain juga dapat dilaksanakan pencetakan mandiri baik dari rumah dan ADM, yakni paket Akta Kelahiran, paket Akta Perkawinan, paket Akta Perceraian, paket Akta Kematian, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El), Surat Keterangan Pindah (SKPWNI, SKPOA, dan SKPLN), Kartu Identitas Anak (KIA), sinkronisasi data serta layanan administrasi kependudukan lainnya. (112)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini