Empat Dokter Terpapar Covid-19, Sejumlah Poli RS Sanjiwani, Gianyar, Tutup

0
4
Empat Dokter Terpapar Covid-19, Sejumlah Poli RS Sanjiwani, Gianyar, Tutup
TUTUP - Salah satu poli di RSUD Sajiwani, Gianyar, tutup sementara sejak Sabtu (29/8), akibat empat dokter spesialis dikabarkan terpapar covid-19. Poli dibuka pada 3 September mendatang. (DenPost/ist)

Gianyar, DenPost
Penyebaran covid-19 di Gianyar belakangan ini semakin meluas. Atas kondisi ini sejumlah poli di RSUD Sanjiwani mesti ditutup lagi. Hal ini dilakukan karena empat dokter spesialis dikabarkan terpapar covid-19. Tak hanya itu, dua puskesmas yakni Puskesmas Gianyar 1 dan Puskesmas Tampaksiring juga ditutup karena nakes setempat terpapar corona.

Mengenai penutupan sejumlah poli dalam sepekan ini ditempeli tulisan “Pengumuman: sehubungan dengan adanya petugas medis terkonfirmasi positif covid-19, pelayanan poli jiwa, poli anastesi, poli bedah, OK cito dan Ok elektif, sementara ditutup. Mulai 29/8/2020 dilakukan sterilisasi ruangan. Pelayanan buka kembali pada 3/9/2020’’. Pengumuman itu berlatar merah dan tertanda tangan humas RSUD Sanjiwani.
Humas RSUD Sanjiwani Anak Agung Gde Parwata, Minggu (30/8/2020) mengatakan diberlakukannya penutupan sejumlah poli di RSUD Sanjiwani ini karena sejumlah petugas medis positif covid-19. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran corona.
Penutupan pelayanan sejumlah poli itu sudah diinformasikan melalui media sosial (medsos) dan pengumuman di beberapa titik di RSUD Sanjiwani. Tujuannya agar pasien dan warga yang berencana kontrol maupun pemeriksaan untuk mencari RS rujukan lain, atau menunggu hingga waktu yang ditetapkan untuk dibuka kembali.
Mengenai Dirut RS Sanjiwani dr.Ida Komang Upeksa, yang pernah terpapar covid-19, Humas Anak Agung Gde Parwata menjelaskan bahwa pimpinannya itu sudah sembuh. Bahkan sejak beberapa hari lalu, sang Dirut  telah bekerja seperti biasa. “Beliau sembuh dan  sudah masuk kantor,” tegasnya.

Akibat meluasnya penyebaran pandemi ini, nakes yang terpapar covid-19 juga semakin banyak. Terbaru empat nakes di Puskesmas Gianyar 1 positif covid-19. Awalnya hanya seorang nakes yang positif, namun karena muncul klaster, sehingga ada tambahan tiga nakes lagi yang positif. Mengantisipasi penyebaran, akhirnya Puskesmas Gianyar 1 ditutup selama sepekan. Penutupan ini tidak berlaku secara keseluruhan, lantaran ada pelayanan UGD di puskesmas yang masih buka dengan mendatangkan nakes bantuan.

Baca juga :  Tersinggung, Pelaku Tusuk Mata Teman Kerja

Sedangkan untuk Puskesmas Tampaksiring 1, awalnya ketahuan kepala puskesmas yang positif. Petugas sudah melakukan penelusuran, dan ketahuan cukup banyak orang yang sempat kontak erat dengan sang kepala puskesmas. Akhirnya pemerintah juga memberlakukan penutupan untuk Puskesmas Tampaksiring 1, sambil menunggu hasl tes swab para nakes lain. Sedangkan kini, puskesmas dalam proses sterilisasi.

Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya saat dimintai konfirmasi Minggu kemarin menjelaskan bahwa pihaknya sudah menutup pelayanan sementara untuk Puskesmas Gianyar 1 dan Tampaksiring 1. Hal ini dilakukan karena sejumlah nakes di dua puskesmas ini terpapar covid-19. (yul)

Baca juga :  Putu Supadma Rudana Fokus Tanggulangi Virus Corona

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini