Aktivitas Pendakian Marak, Mas Sumatri Ajak Pemandu Cari Selamat

0
3
Aktivitas Pendakian Marak, Mas Sumatri Ajak Pemandu Cari Selamat
GUNUNG AGUNG - Gunung Agung terlihat dari Pos Pengamatan Gunung Agung, Rendang Karangasem.

Amlapura, DenPost

Meski status Gunung Agung sudah turun menjadi Level II atau waspada, hingga kini pendakian ke puncak Gunung Agung (GA) masih tidak diizinkan. Sebab, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Badan Geologi (PVMBG) masih menerapkan radius bahaya sepanjang 2 kilometer dari kawah Puncak GA, yang artinya potensi erupsi masih rentan terjadi. Terkait kondisi ini, Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri menekankan pada para pemandu agar tak nekat mengajak wisatawan mendaki ke Puncak GA.

“Apalagi beberapa waktu lalu kembali ada video viral yang nekat ke kawah, itu sangat berbahaya. Sebab ledakan-ledakan dan hembusan-hembusan masih rentan terjadi,” ungkap Mas Sumatri saat diwawancara beberapa waktu lalu. Ia berharap kesadaran seluruh pemandu dan masyarakat untuk mematuhi imbauan tersebut sehingga semua selamat.

Baca juga :  Polisi Selidiki Orang yang Letakkan Patung Ratu Pantai Selatan di Pantai Waterblow

Lebih lanjut dikatakannya, Pemerintah Daerah lewat Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya telah memasang rambu larangan di seputar jalur-jalur pendakian. Selain itu imbauan juga telah dilakukan berkali-kali. “Saya mohonlah, doa kita agar Gunung Agung kondusif sudah terwujud. Sekarang saya mohon patuhi imbauan agar kita semua aman dan selamat,” harap Mas Sumatri.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, menyatakan akan kembali memasang rambu peringatan di jalur-jalur pendakian. Banyaknya jalur-jalur “tikus” khususnya di lereng wilayah Kubu membuat BPBD kesulitan melakukan pengawasan aktivitas pendakian. Ditambah kini pihaknya tengah fokus melakukan penanganan pandemi covid-19 di Kabupaten Karangasem. “Nanti kami akan lakukan pemasangan rambu lagi. Kami akan undang rekan media untuk ikut langsung,” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  Petugas TOSS Center Dilarikan ke Rumah Sakit Gara-gara Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini