Sensus Penduduk Ditarget Rampung Bulan Ini

0
8
Picsart 09 01 07.26.05
TAHAPAN SENSUS - Gubernur Bali, Wayan Koster, saat dimulainya tahapan sensus daring, Senin (1/9/2020).

Dangin Puri, DenPost

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, melanjutkan sensus penduduk secara online yang sempat tertunda sejak, Mei 2020. Memastikan penduduk tersensus secara masif, BPS menyiapkan sebanyak 2.946 petugas yang melayani dalam jaringan.

“Dimulai dari sensus online pada, Februari sampai Mei. Kali ini, kami akan menggunakan data berdasarkan KTP elektronik. Dengan data itu, sensus dilaksanakan,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, Adi Nugroho, Selasa (1/9/2020), di Gedung Jaya Sabha.

Baca juga :  Mengeluh Sakit Kepala, Bule Rusia Tewas di Kontrakan

Kata dia, sensus lanjutan ini ditarget rampung hingga, 30 September 2020.

Untuk memastikan penduduk terdata, dia menyebutkan penduduk yang telah didata sebelumnya akan digabung dengan penduduk yang belum didata. Dengan kata lain, mereka akan didata ulang melalui verifikasi. Sebab, menurut dia, pada rentang waktu jeda ada sejumlah perubahan domisili penduduk. “Di antaranya ada yang lulus sekolah, kelas III SMA itu juga diperhatikan. Tahun ini, September harus selesai. Tujuan sensus adalah mencatat semua penduduk. Semoga ke depan kita punya data penduduk lengkap dan rapi,” ujar Adi.

Baca juga :  Awan Ini Picu Fenomena Halo Matahari

Berdasarkan data BPS, tingkat partisipasi masyarakat Bali dalam mengikuti Sensus Penduduk 2020 (SP2020) secara online 15 Februari sampai 29 Mei 2020, mencapai 35,59 persen yang merupakan peringkat tertinggi se-Indonesia.

Sementara Gubernur Bali, Wayan Koster, yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan pemerintah sangat membutuhkan data yang akurat sebagai basis untuk menyusun perencanaan dan kebijakan dalam menjalankan pemerintahan di seluruh Indonesia, khususnya di Bali. (106)

Baca juga :  Melebih Jam Operasional, Kafe R di Jalan Diponogoro Ditertibkan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini