Pengantar Pendaftaran Paslon ke Kantor KPU Dibatasi

0
4
Picsart 09 01 07.26.41
PENDAFTARAN CALON - Rapat KPU Bangli, terkait tata cara dan alur pendaftaran bakal pasangan calon di tengah suasana pandemi Covid-19.

Bangli, DenPost

Pesta demokrasi serentak pemilihan kepala dan wakil kepala daerah tinggal beberapa bulan lagi. Artinya, tahapan demi tahapan pilkada sudah harus dilalui. Salah satunya tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) kepala daerah setempat yang akan dilaksanakan pada, 4 sampai 6 September mendatang, tak terkecuali di Kabupaten Bangli.

Mengingat suasana dan kondisi pilkada tahun ini sedikit berbeda dengan pilkada atau pemilihan umum periode sebelumnya, yakni di situasi pandemi Covid -19, maka ada sedikit kebijakan yang harus dilalui paslon termasuk partai politik yang mengusungnya. Semua pihak
diharuskan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah untuk mencegah penularannya. Persyaratan tersebut, tertuang dalam PKPU 6 Tahun 2020.

Baca juga :  Hujan Deras, Tembok Penyengker Milik Warga Ambrol

Di mana, saat mendaftarkan paslon jumlah pengantar dari partai pengusung dibatasi. Jadi, yang diperbolehkan masuk ke Kantor KPU saat mendaftar selain bakal pasangan calon didampingi masing-masing istri adalah ketua dan sekretaris parpol atau sebutan lain, serta penghubung bakal pasangan calon tersebut. “Masuk ke Kantor KPU tak mengajak massa pendukung. Hal ini guna mencegah terjadinya kerumunan massa, sehingga mereka yang akan masuk ke Kantor KPU Bangli dibatasi. Mereka juga harus menggunakan masker dan sebelum masuk harus mencuci tangan dengan sabun,” kata I Kadek Adiawan selaku
Anggota KPU Bangli, Divisi Teknis, Selasa (1/9/2020).

Baca juga :  Ini Riwayat Penyakit Warga Songan yang Meninggal

Tata cara alur pendaftaran ini juga sesuai hasil rapat anggota KPU beserta pihak terkait di Kantor KPU Bangli.

Sementara itu, untuk tahapan pendaftaran peserta Pilkada Serentak 2020, kata dia, akan dilaksanakan pada, 4 sampai 6 September 2020, di mana pada 4 dan 5 September 2020 dibuka mulai pukul 08.00-16.00 Wita, sedangkan pada hari terakhir, 6 September 2020, mulai pukul 08.00-24.00 Wita.

“Untuk kelancaran dan ketertiban proses pendaftaran pasangan calon, tim kampanye atau tim penghubung pasangan calon memberitahukan kepada KPU Kabupaten Bangli paling lambat satu hari sebelum pendaftaran,” imbuhnya. (128)

Baca juga :  Dua Warga Terpapar Virus Corona, Banjar Pekuwon Gelar Sipeng Tiga Hari

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini