Dinas Perkim Hanya Bedah 9 Rumah Tak Layak Huni

0
5
Img 20200904 Wa0030
PERBAIKI RUMAH – Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Denpasar membangun rumah warga kurang mampu salah seorang warga Br. Tembau Kelod, Kelurahan Penatih, Kecamatan Dentim, beberapa waktu lalu.

Lumintang, DenPost

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman (Perkim) dan Pertanahan Kota Denpasar tahun 2020 hanya membedah 9 unit rumah masyarakat berpengasilan rendah dari jatah 50 unit rumah tangga kurang mampu yang tersebar di empat kecamatan.
Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Denpasar, Agus Prihantara Mertha, Jumat (4/09/2020) mengatakan, perbaikan rumah masyarakat kurang mampu awalnya 50 unit yang dianggarkan melalui APBD Induk 2020. Namun itu dibatalkan karena anggaran dipakai untuk penanggulangan wabah virus corona.

“Selanjutnya dalam perubahan APBD hanya dapat 9 unit rumah yang menjadi prioritas dan masing-masing dianggarkan Rp 30 juta. Masyarakat yang dapat bedah rumah tahun ini betul-betul tidak mampu dan rumahnya tak layak huni,’’ kata Agus Prihantara.

Baca juga :  Didatangi Pol.PP, Korban Mafia Tanah Ketakutan

Agus Prihantara menjelaskan, 9 unit bedah rumah tersebar di empat kecamatan yakni Denpasar Utara (denut) mendapat jatah 3 unit rumah, Denpasar Timur (Dentim), Denpasar Utara (Denut) dan Denpasar Barat (Denbar) masing-masing mendapat jatah 2 unit. Namun proses perbaikan belum dilakukan dan masih dalam tahap inventarisasi. ”Kita melakukan perbaikan rumah terhadap masyarakat berpenghasilan rendah melalui tender sehingga ada harga penawaran saat lelang. Sesuai harga lelang, satu unit rumah itu akan dikerjakan pemborong, asalkan tidak mengurangi pelaksanaan pekerjaan,’’ papar Agus Prihantara.

Baca juga :  3.500 Masker Kain Dibagikan ke Warga Renon

Kriteria proses bedah rumah tersebut berdasarkan data base dari Dinas Sosial Kota Denpasar. Sebelum dipilih dilakukan verifikasi ke desa/kelurahan dan dari desa/kelurahan mengusulkan nama-nama masyarakat yang rumahnya tidak layak huni. Setelah itu, tim terlebih dahulu mengecek rumah masyarakat, apakah layak mendapat bantuan bedah rumah atau tidak. (103)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini