Ratusan “Celepuk” Mengudara di Setra Badung

0
3
Picsart 09 06 06.15.19
LAYANG CELEPUK - Para pecinta layangan Celepuk mengikuti lomba di areal Setra Badung.

Pemecutan, DenPost

Ratusan layangan Celepuk (burung Hantu) mengudara dari areal Setra Badung, Minggu (6/9/2020). Layangan tersebut, merupakan peserta lomba festival layang-layang yang digelar Relawan De Gadjah Koordinator Pemecutan.

Meski harus menerapkan protokol kesehatan, para pecinta layang-layang tetap antusias mengikuti lomba. Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, Made Mulyawan Arya, menerangkan jumlah peserta dibatasi 300 layang-layang, dengan total hadiah Rp4,5 juta.

Menurutnya, lomba semacam ini dibutuhkan masyarakat sebagai hiburan. “Manfaat lainnya, pedagang-pedagang lain juga mendapat berkahnya karena bisa jualan di sini. Ini sekaligus memberi pesan kepada masyarakat boleh beraktivitas, namun wajib menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Baca juga :  KSU Pemogan Gelontorkan 1.258 Paket Kebutuhan Pokok Kepada Anggota

Menurutnya, hobi bermain layangan memberi banyak edukasi kepada generasi muda. Mereka bisa melatih diri untuk bekerjasama antarkelompok, menghargai perbedaan hingga melatih kesabaran. “Sebab, ada juga layangannya tidak mengudara secara optimal saat lomba, ya harus sabar. Itu, bagi saya sangat mendidik,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua Panitia, I Gede Kusuma Wijaya, alias Ambla mengatakan penilaian lomba terdiri dari bentuk layangan, elogan (tarian di udara), gradasi warna motif dan ketahanan layangan di udara. “Layangannya ada kategori motif dan polosan. Motif lebih banyak, jumlahnya 200 an. Ukurannya kami batasi hingga 3 meter saja,” ungkapnya. (106)

Baca juga :  PKM di Desa Pemecutan Kaja, Duktang Tanpa Identitas Langsung Dipulangkan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini