Senin, Bus Teman Kita Diluncurkan di Denpasar

0
10
Picsart 09 06 06.20.31
LUNCURKAN BUS - Bus Teman Kita yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemnhub), akan diluncurkan di areal parkir Pasar Rakyat Pasar Badung Kota Denpasar, Senin (7/9/2020).

Denpasar, DenPost

Bus Trans Metro Dewata, yang disebut dengan nama Bus Teman Kita dan merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemnhub), akan diluncurkan di areal parkir Pasar Rakyat Pasar Badung Kota Denpasar, Senin (7/9/2020).

Bus Teman (transportasi, ekonomis, murah, andal, aman dan nyaman) Kita yang diluncurkan itu, juga merupakan program dari Kemenhub untuk moda transportasi di Indonesia, khususnya di Bali dan Denpasar umumnya.

Kadis Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan, yang dikonfirmasi, Minggu (6/9/2020), mengatakan Bus Teman Kita yang akan diluncurkan di Kota Denpasar, merupakan Memorandum of Understanding (perjanjian kerjasama) antara Kemenhub dengan Pemerintah Kota Denpasar, dan Pemerintah Provinsi Bali. “Terdapat 5 kota di Indonesia, yang dibantu Bus Teman Kita dari Kementerian Perhubungan, yaitu Kota Medan, Yogyakarta, Solo, Palembang dan Kota Denpasar,” kata Sriawan.

Baca juga :  Gubernur Izinkan Duktang yang Kena PHK Mudik

Untuk Bus Teman Kita itu, lanjut dia, akan diluncurkan di areal Pasar Badung, Senin (7/9) sore. Rencananya, saat peluncuran bus itu, akan dihadiri Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Gubernur Bali, Wayan Koster, dan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra. “Untuk bantuan sebanyak 105 Bus Teman Kita itu, akan diluncurkan yang terpusat di koridor 2 tepatnya di Pasar Badung Kota Denpasar. Terdapat 4 koridor yang akan melayani trayek Bus Teman Kita di Bali,” ujar Sriawan.

Baca juga :  Covid-19 di Denpasar, 13 Pasien Sembuh dan 14 Terpapar

Ditambahkan Sriawan, bantuan Bus Teman Kita untuk memberdayakan angkutan umum di perkotaan. “Dinas Perhubungan Kota Denpasar mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Kemenhub untuk moda angkutan umum di beberapa kota, salah satunya di Kota Denpasar. Dengan adanya Bus Teman Kita diharapkan bisa menghidupkan angkutan umum dan menghidupkan perekonomian di Kota Denpasar, khususnya Sarbagita,” ucap Sriawan.

Dengan adanya Bus Teman Kita, pihaknya akan mensinergikan dengan moda-moda transportasi lainnya. Meski dalam masa pandemi Covid-19, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam membangkitkan transportasi Sarbagita berkelanjutan yang menenuhi 3 aspek. Untuk aspek pertama, yakni melancarkan barang, jasa dan ekonomi dengan bagaimana orang yang datang ke Denpasar untuk mencapai tujuan. Selanjutnya aspek kedua, yakni kesetaraan dan ketiga aspek lingkungan. “Untuk aspek lingkungan inu, paling tidak dapat mengurangi kendaraan pribadi, sehingga kemacetan dan polusi udara berkurang, serta mengurangi angka kecelakaan,” jelasnya.

Baca juga :  Jelang PKM, Masyarakat Denpasar Menjerit Perlu Sembako

Lebih jauh dikatakan Sriawan, masyarakat yang akan beperfian dengan Bus Teman Kita ini, digratiskan sampai Desember 2020. “Semua pembiayaan dari APBN Dirjen Perhubungan Darat dan Denpasar membangun transportasi secara berkelanjutan yang dibarengi dengan trayek di Kota Denpasar. Karena itu, kami mengajak masyarakat mari memanfaatkan transportasi umum melalui Bus Teman Kita ini,” tandasnya. (112)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini