Produksi Melimpah, Jagung Manis Diolah Jadi Camilan

0
4
Produksi Melimpah, Jagung Manis Diolah Jadi Camilan
Kadis Pertanian Kota Denpasar, I Gede Ambara Putra

Lumintang, DenPost

Dinas Pertanian Kota Denpasar melatih kelompok tani membuat olahan kripik dan es cream dari jagung manis muda. Pasalnya, produksi jagung muda di masa pandemi virus corona ini cukup melimpah sehingga perlu diolah menjadi beragam makanan ringan.

”Kami akan melatih dan memberdayakan keompok tani pascapanen jagung muda diolah menjadi kripik jagung manis dan makanan kecil untuk camilan. Kalau saat panen dijual kepada pengepul harganya sangat murah karena daya beli masyarakat juga rendah,’’ kata Kadis Pertanian Kota Denpasar, I Gede Ambara Putra, Senin (7/09/2020).

Baca juga :  Polisi Selidiki Orang yang Letakkan Patung Ratu Pantai Selatan di Pantai Waterblow

Ambara Putra mengungkapkan, pihaknya sudah memiliki pelatih yang sebelumnya dikirim mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) selama dua minggu di Bogor, Jawa Barat. Diklat yang diikuti pegawai Dinas Pertanian ini akan mengolah jagung muda pascapanen dijadikan aneka makanan ringan untuk membantu para petani meningkatkan perekonomian keluarga.

Dikatakan Ambara, di sektor pertanian banyak potensi hilang pascapanen.  Bila pertanian diubah menjadi pascapanen, lanjutnya, produk yang dihasilkan nilai jualnya akan jauh lebih bagus dan tinggi. “Seperti buah-buahan, kalau dijual saat panen harganya murah. Jika diolah menjadi jus harganya cukup mahal. Kelompok tani juga kita coba latih membuat jus dari buah-buahan agar nilai jualnya jauh lebih besar,’’ jelasnya.

Baca juga :  BI Salurkan 1.300 Paket Sembako, PWI Bali Kebagian 200

Ambara menambahkan, lahan pertanian jagung paling luas di Kota Denpasar ada di Subak Delod Sema, Subak Padanggalak, Desa Kesiman Petilan, Denpasar Timur dan Subak Sanur, Subak Buaji, Denpasar Selatan. “Kalau petani ingin untung lebih besar, lebih baik hasil panennya diolah. Kalau ingin menikmati hasil panen pas-pasan akan dijual lebih cepat.Sebab, Denpasar dulu menjadi pionir pengembangan jagung manis di Bali. Sekarang tanaman jagung manis sudah merambah ke Mengwi, Badung, Gianyar dan Klungkung,” katanya. (103)

Baca juga :  33 Pedagang Kumbasari Jalani Swab Test

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini