Agro Wisata Abian Salak, Kemas Salak Jadi Ini

0
4
Picsart 09 08 06.45.42
PRODUSEN SALAK - Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, saat berkunjung dan memberi apresiasi para produsen salak.

Amlapura, DenPost

Kabupaten Karangasem terkenal menjadi penghasil salak. Salah satunya penghasil salak di Desa Kalanganyar Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem. Menjadi desa dengan penghasil salak terbanyak dan memanfaatkan potensi, kini desa ini membuka potensi wisata mengenal salak.

Dinamai Agro Wisata Abian Salak, tak hanya buah dengan kualitas unggul, pengunjung akan disuguhkan berbagai olahan salak mulai dari biji hingga kulitnya.

Pemilik Agrowisata, I Wayan Mastra, menuturkan di desa ini, pengembangan produksi salak sudah dilakukan sejak tahun 2013. “Mengenai agrowisata ini dikelola oleh 20 orang,” ungkap Koking sapaan akrabnya.

Baca juga :  Kuat Dugaan Langgar Kode Etik, Bawaslu Laporkan Ketua KPU Karangasem ke DKPP

Uniknya, di agrowisata salak diproduksi menjadi berbagai jenis penganan, di antaranya kopi, teh, kurma, madu dan cuka. “Sudah sering ikut dalam pergelaran pameran,” tutur Koking.

Diolah menjadi berbagai jenis penganan, membuat salak memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. Salak yang diproduksi menjadi madu dihargai Rp50 ribu perbotol kecil, kopi dengan berat 200 gram dihargai Rp15 ribu, cuka perbotol dihargai Rp50 ribu, kurma salak Rp25 ribu perbungkusnya dan teh salak Rp15 ribu perbungkusnya. “Semuanya diproduksi setiap 10 hari sekali. Tak hanya di Karangaem, kami juga mengirim produk olahan salak hingga ke Denpasar dan Ubud. Produk yang terlaris adalah kopi salak, karena bahan citra rasanya yang berbeda,” tuturnya.

Baca juga :  Tingkat Hunian Hotel di Karangasem Tinggal 25 Persen

Sempat berkunjung, Senin (7/9/2020), Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, memberi apresiasi para produsen salak. Memiliki cita rasa tinggi, Mas Sumatri berharap para produsen dapat meningkatkan inovasi dari segi kemasan. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini