Mohon Keseimbangan Alam, Suwirta Tempuh Jalan Niskala

0
4
Picsart 09 14 03.30.46
GURU PIDUKA - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, saat melaksanakan upacara guru piduka di Catus Pata Klungkung, Minggu (13/9/2020) malam.

Semarapura, DenPost

Berbagai upaya dilakukan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dalam mencegah meluasnya penyebaran covid-19. Kali ini, Suwirta menempuh jalan niskala dengan menggelar upacara guru piduka di Catus Pata atau perempatan agung, Minggu (13/9/2020) malam. Ritual ini digelar untuk menyeimbangkan alam semesta secara sekala dan niskala menjelang Hari Raya Galungan, Rabu (16/9/2020) nanti.

Suwirta ketika dimintai konfirmasi mengatakan, kalau upacara tersebut digelar setelah mendapat petunjuk dari Ida Pedanda ketika menghadiri upacara mlaspas pratima di salah satu pura di Desa Takmung, Banjarangkan.
“Kemarin saya menghadiri upacara mlaspas pratima di Takmung. Nah saat itu dari kejauhan saya dipanggil sama Ida Pedanda untuk ngaturang guru piduka bersama masing-masing jro bendesa atau desa adat. Tapi  saya tidak mungkin secepatnya mengumpulkan dan menugaskan bendesa untuk melakukan hal itu. Nanti ada pikiran lain lagi maka saya sendiri menjalankan itu,” ungkap Suwirta, Senin (14/9/2020).

Baca juga :  Satu Pasien Positif Covid-19 di Klungkung Sembuh, Tujuh PDP Dipulangkan

Dia berharap, dengan upacara guru piduka tersebut semua masyarakat bisa berpikir positif, melaksanakan protokol kesehatan sehingga kasus covid-19 bisa turun dan segera hilang. Walaupun diakuinya dalam situasi pandemi covid-19 ini, masyarakat serbakekurangan.

“Semoga dengan ngaturang bhakti guru piduka  ini seluruh umat senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan, kerahayuan dan memohon anugrah Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa,” harapnya. (119)

Baca juga :  Layani Konsumen di Tengah Wabah Corona, Pertamina Terapkan Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini