Segini Iuran BP Jamsostek Disubsidi

0
6
Konsep Otomatis

Sumerta Klod, DenPost

Pemerintah pusat telah menetapkan subsidi iuran kepada peserta Penerima Upah (PU) non formal BP Jamsostek hingga 99%. Kebijakan itu berlaku sejak Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang.

Demikian dijelaskan Kepala Deputi BP Jamsostek Bali, Nusa Tenggara dan Papua, Deny Yusyulian, saat dikonfirmasi Selasa (15/9). Subsidi juga diberikan kepada pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) dengan memberikan potongan sebesar Rp 34 ribu untuk program Jaminan Keselamatan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian.

Baca juga :  Jimbaran Minta Tim Verifikasi Pemkab Badung Turun

Di Bali, kebijakan ini berlaku di seluruh wilayah kerja BP Jamsosyek Bali – Denpasar, yang meliputi Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan dan Jembrana. “Ini wujud keberpihakan pemerintah untuk menggerakkan ekonomi, maka BP Jamsostek ada relaksasi diskon iuran,” ungkapnya.

Kebijakan itu juga telah ia sosialisasikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota. Belum lama ini, pihaknya bertemu Sekda Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa. Deny menjelaskan, dengan diberlakukannya subsidi iuran sebesar 99%, maka peserta Penerima Upah hanya membayar satu persen iuran atau Rp 168.

Baca juga :  Disbud Larang Ini, Saat Lomba Ogoh-ogoh di Badung

Tarif iuran disesuaikan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) masing-masing Pemkab. Dengan diberlakukannya kebijakan itu, Deny mengajak para pemangku kebijakan di Kabupaten Badung untuk mendorong peningkatan kepesertaan BP Jamsostek, khususnya terhadap pekerja non formal seperti tenaga kontrak, agar menjadi peserta BP Jamsostek.

“Momentum ini mendukung pemerintah seiring penanganan Covid-19 yang membutuhkan biaya tinggi. Dengan relaksasi ini pemerintah pusat memberi keringanan di daerah,” ungkapnya. Adi Arnawa mengakui program tersebut sangat membantu Pemkab Badung di tengah penanganan Covid-19. (106)

Baca juga :  Sambut Budaya Hidup Baru, Sekda Adi Arnawa Tinjau Kesiapan ODTW

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini