Pilkada Badung Tetap Dilaksanakan 9 Desember 2020

0
8
Pilkada Badung Tetap Dilaksanakan 9 Desember 2020
Wayan Semara Cipta

Mangupura, DenPost

Wacana penundaan pilkada serentak tahun 2020 sempat mengemuka. Namun, dengan kesepakatan antara pemerintah bersama dengan DPR RI dan penyelenggara pemilihan umum, pilkada serentak tetap dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, Selasa (22/9/2020) mengaku sudah mendengar terkait hasil kesimpulan rapat kerja atau dengar pendapat Komisi II DPR RI dengan Mendagri, KPU RI, Bawaslu RI, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang diselenggarakan pada Senin (21/9/2020) kemarin. Salah satu poinnya adalah pilkada serentak tetap dilangsungkan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Baca juga :  Digaet Maju Pilkada Badung, Begini Kata Disel Astawa

“Intinya pilkada serentak tetap dilaksanakan pada 9 Desember 2020 dengan memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Dengan ini, lanjut pria yang akrab disapa Kayun itu, seluruh tahapan pilkada serentak berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan sebelumnya. Termasuk jadwal penetapan paslon Bupati dan Wakil Bupati tetap akan dilangsungkan pada Rabu (23/9/2020). “Iya, untuk penetapan pasangan calon tetap yakni pada tanggal 23 September 2020,” terangnya.

Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan masa kampanye. Sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020, jadwal kampanye akan dilaksanakan pada 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020. Kendati di Badung dipastikan hanya satu pasangan saja, namun jadwal kampanye tetap diberikan kepada pasangan calon. Seperti pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga, dan/atau kegiatan lain, kampanye melalui media masa, cetak dan elektronik.

Baca juga :  Diduga Terlibat Politik Praktis, Bawaslu Periksa THL Badung

Bahkan untuk jadwal debat publik tetap dilaksanakan dengan pola yang berbeda. Kayun menyebut debat publik diganti dengan pendalaman materi. “Istilahnya pendalaman materi, tidak debat publik, karena calonnya hanya satu orang saja. Kami jadwalkan ada tiga kali pendalaman materi, namun jadwalnya masih kita susun,” katanya. (115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini