Ciptakan Pilkada Aman-Damai, Digelar Rakor di Polres Bangli

0
6
Ciptakan Pilkada Aman-Damai, Digelar Rakor di Polres Bangli

 

 

Bangli, DenPost

Rapat koordinasi (rakor) dalam rangka pilkada aman dan damai Operasi Mantap Praja Agung  2020, digelar di ruang Rupatama Polres Bangli pada Selasa (22/9) kemarin. Rakor di antaranya dihadiri Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan,  Dandim 1626/Bangli Letkol Inf.I Gede Putu Suwardana, S.I.P., Wakapolres Bangli Kompol I Gede Wali, Ketua KPU Bangli I Putu Gede Pertama Pujawan, S.E., Ketua Bawaslu Bangli I Nengah Purna, S.H., Pasi Intel Kejari Bangli I Nengah Gunarta, S.H. Kasatpol PP Bangli Dewa Agung Putra Suryadarma, S.Sos., M.M., Kepala BPBD Bangli I Ketut Gede Wiredana  dan Tim Pemenangan Paslon Sadia dan Tim Pemenangan Paslon Bagus.

Dalam kesempatan itu Kapolres Bangli menyebutkan bahwa rakor bertujuan  mempersiapkan diri menjelang penetapan pasangan bakal calon dan pengundian nomor urut serta tahap kampanye. Dalam penetapan dan pengundian nomor urut maupun tahap kampanye, identik dengan pengerahan massa. Hal ini akan berpotensi terhadap situasi pilkada serentak yang menerapkan protokol kesehatan (prokes). ‘’Terlebih pandemi saat ini semakin meningkat sehingga pemerintah gencar melakukan peningkatan pendisiplinan prokes dengan adanya SE Gubernur dan PHDI Bali serta Maklumat Kapolri terkait pembatasan dan peningkatan disiplin prokes yang harus sama-sama kita taati dan patuhi,’’ tegas Dhana Aryawan.

Baca juga :  Penutupan Operasional Boat Cepat di Klungkung Berlanjut

Ketua KPU Bangli I Putu Gede Pertama Pujawan menambahkan bahwa pihaknya sudah semaksimal mungkin melancarkan tahapan pemilu di tengahsi pandemi saat ini. ‘’Kami juga laporkan bahwa anggota kami salah satunya terkonfirmasi covid-19. Untuk mencegah penyebaran covid-19, kami seluruh anggota dan staf KPU telah menjalani rapid test di RS Bangli. Dimana enam staf kami hasilnya reaktif dan telah dilakukan tes swab namun hasilnya masih menunggu,’’ tegasnya.

Baca juga :  SSB Putra Debes Diluncurkan di Tabanan

Pihaknya juga dalam proses tahapan pengecekan dan penelitian berkas syarat pasangan bakal calon dan jadwal penetapan dilaksanakan pada Rabu (23/9/2020). Mekanisme penetapan paslon, menurut instruksi dari KPU RI bahwa penetapan pasangan bakal calon dilaksanaakn melalui email dan tidak ada kegiatan rapat undangan yang melibatkan masing-masing tim, namun dilaksanakan rapat tertutup internal KPU.

Untuk pengundian nomor urut pasangan bakal calon tetap dilaksanakan pada Kamis (24/9/2020) di halaman Kantor KPU Bangli. ‘’Kami akan mengundang KPU Provinsi Bali, FKUB Bangli, pasangan bakal calon, lo paslon, ketua/ satu orang dari masing-masing partai koalisi,’’ tegas Pujawan.

 

Pada Sabtu (26/9)/2020) merupakan awal tahapan kampanye. Untuk itu KPU melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Kehen bersama kedua paslon. Selanjutnya menuju Kantor KPU Bangli untuk menerima arahan dan secara simbolis membuka secara bersama-sama baliho kedua paslon sebagai tanda dibukanya tahapan kampanye mulai 26 September hingga 5 Desember 2020 atau selama 71 hari.

Baca juga :  Dicurigai Corona, ABG Asal Demulih, Bangli, Diobservasi di RSUP Sanglah

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf.I Gede Putu Suwardana menambahkan agar aturan teknis dalam tahapan pilkada tetap dipatuhi sehingga tidak terjadi pelanggaran yang berdampak pada permasalahan dan dapat mengganggu tahapan pilkada.

Sedangkan Ketua Bawaslu Bangli I Nengah Purna menyebutkan agar terciptanya pilkada, damai, aman, dan sejuk, regulasi tahapan pilkada saat ini dinamis dan terus berubah-ubah. Yang terpenting poin yang masuk yakni mematuhi protokol kesehatan, dan larangan kampanye yang melibatkan massa.

Perwakilan Tim Pemenangan Bagus pada intinya sepakat dan setuju apa saja yang menjadi kesepakatan dan nanti dapat dipedomani bersama. Sedangkan perwakilan Tim Pemenangan Sadia menyatakan siap dan mendukung apa pun kesepakatan itu, serta selalu memperhatikan protokol kesehatan. (anta)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini