Jelang Pujawali di Pura Sakenan, PMI Denpasar Lakukan Ini

0
7
Picsart 09 24 06.54.21
SEMPROTKAN DISINFEKTAN - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Denpasar, saat melakukan penyemprotan disinfektan di areal Pura Sakenan, Kamis (24/9/2020).

Serangan, DenPost

Menjelang pujawali di Pura Dalem Sakenan dan Pura Dalem Susunan Wadon di Serangan, Densel, Sabtu (26/9/2020), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Denpasar melakukan spraying (penyemprotan) disinfektan di dua pura tersebut, Kamis (24/9/2020). Selain penyemprotan, dalam kesempatan itu juga diserahkan paket Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada para pemangku di dua pura ini.

Kabag Kesra Kota Denpasar, Raka Purwantara, mengatakan Pemerintah Kota Denpasar berkolaborasi dengan PMI Kota Denpasar mengadakan penyemprotan disinfektan di areal Pura Dalem Sakenan dan Pura Dalem Susunan Wadon. Mengingat, di tengah pandemi Covid-19, dan Sabtu (26/9/2020), yang bertepatan dengan tumpek Kuningan diadakan pujawali di Pura Sakenan dan Pura Susunan Wadon. “Untuk penyemprotan ini sesuai dengan Pergub No. 46 tahun 2020, Perwali No. 48 tahun 2020 dan surat edaran bersama PHDI Bali dan Majelis Desa Adat (MDA). Jadi, diharapkan kegiatan keagamaan mentaati protokol kesehatan yang diimplementasikan dengan kewajiban menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak yang harus betul-betul diperhatikan oleh panitia dan penyelenggara di Pura Sakenan dan Pura Susunan Wadon ini,” kata Raka Purwantara.

Baca juga :  Jelang PKM, Kelian Adat Sakah Bantu Pecalang

Sementara Kepala Markas PMI Kota Denpasar, Nyoman Lantra, menyatakan berkaitan dengan pujawali di Pura Sakenan dan Pura Susunan Wadon, PMI Kota Denpasar mengadakan penyemprotan disinfektan. Hal ini dilakukan untuk menjaga dari Covid-19, dan mengingatkan kepada para jro mangku dan pengempon supaya dalam karya betul-betul melaksanakan protokol kesehatan (Prokes). “Yang diatur itu, dari pamedek yang datang diatur untuk mencuci tangan yang telah disiapkan dan dalam persembahyangan juga dilakukan dengan pengaturan jaga jarak,” ujar Lantra.

Baca juga :  Kembali, 2 Orang Pasien Covid-19 di Denpasar Meninggal

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan di area jeroan,
Pelataran pura dan areal seputaran pura. “PMI Denpasar juga menyerahkan 40 paket PHBS kepada para pemangku di Pura Sakenan dan 15 paket PHBS kepada para pemangku di Pura Susunan Wadon,” ucap Lantra.

Setelah pujawali di Pura Sakenan dan Pura Susuna Wadon, pihaknya akan akan kembali melakukan penyemprotan supaya areal di dua pura ini steril lagi. (112)

Baca juga :  Satpol PP Bubarkan Kerumunan Warga yang Hendak Tarik BLT

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini