Hari Raya Kuningan, Dana Dipa Awali Kampanye

0
8
Picsart 09 25 06.56.14
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karangasem, Gede Krisna Adi Widana.

Amlapura, DenPost

Tepat di hari raya Kuningan, Sabtu (26/9/2020), pasangan calon I Gede Dana dan I Wayan Artha Dipa resmi mengawali masa kampanye. Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karangasem, Gede Krisna Adi Widana, menekankan paslon di tengah pandemi Covid-19 agar memanfaatkan kampanye dengan sistem daring.

“Sistem daring lebih dianjurkan. Sebab, bila melaksanakan tatap muka langsung harus dengan melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat. Karena bila paslon melanggar protokol kesehatan, badan yang berwenang seperti Bawaslu bisa menindak,” tutur Krisna.

Baca juga :  Ditinggal Jualan Sate, Rumah Warga Pertima Terbakar

Lebih lanjut dia menuturkan, pilihan lain selain daring adalah dengan memanfaatkan baliho dan brosur yang akan difasilitasi dari KPU. “Kami telah menyiapkan 15 persen dari jumlah KK. Paslon bisa memanfaatkan itu untuk meminimalisi tatap muka,” ungkapnya lagi.

Kendati demikian, bila tak memungkin untuk dua pilihan di atas, KPU memperkenankan paslon untuk melakukan kampanye tatap muka. Hanya saja harus memperhatikan banyak hal. Di antaranya jumlah peserta yang terbatas, tempat yang luas agar peserta dapat jaga jarak, serta melengkapi diri dengan APD dan wastafel cuci tangan di tempat kegiatan. “Rapat terbatas, pertemuan terbatas itu diperkenankan,” imbuhnya.

Baca juga :  Mas Sumatri Minta Maaf Kepada Bupati dan Seluruh Masyarakat Klungkung

Krisna juga menekankan agar paslon tak melakukan kampanye di hari besar keagamaan.

Dikonfirmasi terpisah, Calon Bupati Karangasem, I Gede Dana menyatakan tengah fokus menjaga kesehatan untuk mempersiapkan diri terjun ke masyarakat. Dengan mensosialisasikan program satu jalur dalam mewujudkan Karangasem era baru, Gede Dana akan berusaha mematuhi protokol kesehatan yang menjadi salah satu aturan. Apalagi saat pengambilan nomor undi, pasangan Dana-Dipa telah mengaku siap akan sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan. (yun)

Baca juga :  Angkut Sampah, Ketua DPRD Karangasem Bawa Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini