Dit. Lantas Gagas Tertib Lalu Lintas Masuk Kurikulum Sekolah

0
7
Angka Kecelakaan Didominasi Usia Produktif, Ini Pesan Dirlantas Polda Bali
Dir. Lantas Polda Bali, Kombes Indra

Kereneng, DenPost

Kurangnya disiplin masyarakat saat berkendara menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Mencegah dan meminimalisir meningkatnya korban jiwa dan luka berat akibat lakalantas, Dit. Lantas Polda Bali berinisiatif memasukkan mata pelajaran tertib lalu lintas.

Direktur Lalu Lintas Polda Bali, Kombes Indra, mengatakan, aturan tertib lalu lintas akan dimasukkan dalam kurikulum pelajaran di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Kurikulum tertib lalu lintas ini sedianya akan dimasukkan dalam mata pelajaran PKN. “Ya, kami akan pelajari dulu bagaimana  tentang tertib lalu lintas bisa masuk ke kurikulum sekolah. Dalam hal ini kami akan bekerjasama dengan Diknas,” terangnya, Senin (28/9//2020).

Baca juga :  Satpol PP Tertibkan Belasan Pedagang Buah di Jl. By-pass Ngurah Rai 

Dengan masuknya aturan tertib lalu lintas dalam kurimulum pelajaran sekolah, jelas Indra, para pendidik atau guru juga akan diberikan pelatihan-pelatihan tentang keselamatan berlalu lintas. “Kami berharap agar gagasan ini bisa segera diakomodir oleh Dinas Pendididikan di Bali,” katanya.

Menurut mantan Ka.SPN di Polda Riau ini, masuknya kurikulum tertib lalu lintas dalam pelajaran sekolah sangatlah penting. Tujuannya jelas, agar generasi muda secara dini sadar dan mampu mengedukasi tata cara berlalu lintas yang baik, santun dan lancar. “Sekaligus bisa mengubah perilaku pengendara agar selalu berhati-hati di jalan. Jika masyarakat sudah disiplin berkendara, kemungkinan bisa menekan angka kecelakaan,” tandasnya. (124)

Baca juga :  Tindak Pelanggar Rambu Lalin, Dishub Gandeng Polantas

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini