Taat Prokes Mendaftar ke KPU, Denpasar Diberikan Penghargaan Mesin ADM

0
8
Picsart 09 28 09.25.20
Kadis Dukcapil Kota Denpasar, Dewa Gede Juli Artabrata.

Dauh Puri Kaja, DenPost

Masuk dalam daftar lima calon kepala daerah yang taat protokol kesehatan (Prokes) saat pendaftaran ke KPU, Kota Denpasar diberikan penghargaan oleh Kementerian Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) berupa satu buah mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Penghargaan yang diberikan itu, berkaitan dengan penilaian Kemendagri dalam pendaftaran calon kepala daerah ke KPU yang tanpa kerumunan massa dan taat menerapkan prokes.

Kadis Dukcapil Kota Denpasar, Dewa Gede Juli Artabrata, yang ditemui di Kantor Disdukcapil Kota Denpasar, Senin (28/9/2020), mengatakan pemerintah pusat melakukan penilaian berkaitan dengan pendaftaran calon gubernur, bupati dan walikota yang dipantau di masing-masing daerah di Indonesia yang menerapkan prokes. “Dari Kemendagri sudah melakukan penilaian saat pendaftaran calon kepala daerah. Di mana, terdapat lima calon kepala daerah di Indonesia yang taat dengan protokol kesehatan saat mendaftar ke KPU. Ada bupati 2, walikota 2 dan gubernur 1. Dari lima kepala daerah yang diberikan apresiasi itu, salah satunya Kota Denpasar,” kata Dewa Juli.

Baca juga :  Pecah Sentralisasi Politik, Koalisi Lima Parpol Ambisi Masuk Eksekutif dan Legislatif

Ditambahkan Dewa Juli, dari lima daerah ini akan diberikan penghargaan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Setelah dihubungi ke pusat, akan dibuatkan surat resmi oleh pusat dan akan diberikan kepada lima daerah yang diberikan mesin ADM. “Kami masih menunggu surat resmi dari pemerintah pusat terkait penyerahan mesin ADM kepada lima daerah yang mendaftarkan calon kepala daerah yang taat protokol kesehatan ke KPU,” ujarnya.

Baca juga :  Soal Penolakan Penyetopan PHR, Koster Ingatkan Ini

Nantinya, lanjut Dewa Juli, mesin ADM ini akan dijadikan sebuah inovasi terbaru di Disdukcapil Kota Denpasar, yakni drive thru dalam pencetakan dokumen dengan terlebih dulu melaporkan ke pimpinan (Walikota Denpasar). Dengan drive thru dan menempatkan mesin ADM di tempat publik, maka masyarakat bisa setiap saat melakukan pencetakan dokumen, baik di sore hari sampai malam hari. “Itulah rencana kami kedepan jika mesin ADM yang diberikan Kemendagri. Untuk penempatan mesin ADM bisa di mal atau di gedung pemerintah, seperti Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Lumintang, Denpasar,” ucapnya.

Baca juga :  Satgas Dauh Puri Klod Amankan Pencuri Sepeda

Untuk saat ini, lanjut dia, Disdukcapil memiliki satu mesin ADM dari pengadaan tahun 2020, dan ditempatkan di Gedung Sewaka Dharma (GSD) Lumintang, Denpasar. Untuk inovasi pengambilan dokumen juga telah diluncurkan dengan tiga pilihan, beberapa waktu lalu, yakni melalui ADM di GSD, cetak mandiri di rumah dan pengambilan dokumen melalui Gojek yang telah dilakukan kerjasama. Inovasi ini juga untuk memudahkan masyarakat dalam proses pencetakan dokumen. (112)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini