37 Penyintas Covid-19 Donor Konvalesen 

0
11
Picsart 09 29 01.54.14
DONOR - Pangdam IX/ Udayana saat meninjau kegiatan donor konvalesen, Selasa (29/9/2020) di Makorem 163/ Wira Satya.

Dangin Puri, DenPost

Lepas dari status positif covid-19, sebanyak 37 penyintas menyumbang plasma darahnya kepada pasien bergejala berat yang sedang menjalani perawatan. Mereka menjalani donor dalam aksi donor konvalesen yang digelar Kodam IX/ Udayana, Selasa (29/9/2020) di Makorem 163/ Wira Satya, Denpasar.

“Ini merupakan donor konvalesen yang kedua serangkaian HUT ke 75 TNI. Kegiatan ini dibutuhkan oleh rumah sakit di Bali, karena plasma bermanfaat bagi pasien kategori gejala berat,” ujar Pangdam IX/ Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara, yang saat itu didampingi unsur bidang kesehatan dan PMI.

Baca juga :  Penanggulangan Covid-19, Bantuan Berbagai Pihak Bermunculan

Sejatinya ada 109 penyintas yang akan berdonor, namun pada pelaksanaan kegiatan, hanya 37 penyintas yang memenuhi syarat kondisi kesehatan. Mereka terdiri 15 anggota Kodam IX/ Udayana, dan 22 warga sipil. Kurnia mengatakan, kegiatan serupa juga akan digelar di Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Klungkung.

“Minggu depan, kita lanjut donor di Klungkung dan kemudian di Buleleng, sehingga masyarakat sekitar daerah itu tidak jauh mendonor ke sini (ke Denpasar),” ungkapnya.

Baca juga :  Satpol PP Pulangkan Lima Orang Telantar ke Jatim

Gambaran efektivitas terapi plasma konvalesen ini dijelaskan Direktur RSPTN Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra, Sps. (K).
Kata dia, dari 15 pasien yang diterapi konvalesen, sebanyak 11 berhasil sembuh, sedangkan 4 orang tidak berhasil. “Mereka yang tidak berhasil itu ada komorbid,  (gangguan) paru-paru, kencing manis,” ungkapnya.  Kata dia, dalam waktu dekat ada 5 penyintas lagi yang bersedia mendonorkan plasma.

Baca juga :  Pintu Masuk ke Bangli Ditutup

“Mulai besok akan diambil. Sebanyak  200 cc akan dinjeksi, secara dua kali. Di plasma itu ada kekebalan yang bisa melawan virus,” imbuhnya. Kurnia menambahkan, sejak Maret hingga September 2020, terdapat 109 anggota Kodam IX/ yang positif covid-19. Tiga di antaranya meninggal dunia dan masih ada 9 orang yang dirawat. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini