Kakak-Beradik Ini Curi Motor di 4 Kabupaten

0
8
Kakak-Beradik Ini Curi Motor di 4 Kabupaten
BERSAUDARA - Dode bersaudara bersama penadah kini ditahan di Rutan Polres Karangasem.

Amlapura, DenPost

Jajaran Polres Karangasem berhasil menangkap kakak-beradik pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di 4 Kabupaten, Minggu (27/9/2020) lalu.  Ia adalah I Dode Alit Angga Tirta (22) alias Dode Alit bersama adiknya yang baru berumur 14 tahun yakni Dode S.  Pelaku asal Bangli ini ditangkap saat akan melakukan aksinya di Jalan Raya Nenas Kecicang, Desa Bungaya, Karangasem.

Kapolres Karangasem, AKBP Ni Nyoman Suartini, Rabu (30/9/2020) lalu mengatakan, kakak-beradik ini melakukan aksinya di sejumlah TKP yang berlokasi di 4 Kabupaten yaitu di wilayah Klungkung, Gianyar (di wilayah Sidan), Bangli (di wilayah Tembuku dan Kintamani), serta Karangasem (di wilayah Rendang dan Manggis). “Diamankan 8 buah sepeda motor, di TKP berbeda tersebut,” ungkapnya.

Baca juga :  Maling Spion Terekam CCTV

Kendati mengaku baru mencuri sejak dua bulan, namun modus operandi keduanya terbilang profesional. “Mereka telah mempersiapkan dengan matang. Baik dari alat-alat yang cukup lengkap serta mereka membawa BBM untuk mengantisipasi apabila motor curian tak terisi BBM,” jelasnya.

Dikatakan Suartini, ada 3 cara yang dilakukan Dode bersaudara dalam melancarkan pencuriannya. Pertama, menyasar sepeda motor dengan kunci nyantol. Kedua, menyasar sepeda motor yang cocok dengan kunci cadangan yang mereka bawa. “Selain itu mereka juga membawa perkakas untuk mempreteli motor target apabila mendapat kesempatan,” paparnya.

Baca juga :  Air Telaga Waja Akhirnya Sampai di Tianyar Barat

Untuk menghilangkan jejak, sistem menjual kepada penadah pun terbilang cukup lihai. Motor akan dipreteli dan dijual dengan harga beli per spearpart.

Ikut terseret dalam kasus ini yakni penadah, Agus Budi Prasetyo (36) asal Badung. “Di rumah tersangka penadah juga ditemukan barang bukti motor curian yang kondisinya sudah tidak utuh,” ungkap Suartini. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini