Pedudusan Alit di Pura Goa Lawah, Ida Batara Nyejer Tiga Hari

0
5
Pedudusan Alit di Pura Goa Lawah, Ida Batara Nyejer Tiga Hari
GOA LAWAH - Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Dawan, Klungkung.

Semarapura, DenPost

Bertepatan dengan Anggara Kasih Medangsia, Selasa (6/10/2020), di  Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan Klungkung dilaksanakan Puncak Pedudusan Alit. Serangkaian Pedudusan Alit ini Ida Batara akan  nyejer selama tiga hari dan kasineb, Jumat (9/10) nanti. Namun karena situasi pandemi Covid-19, panitia Pura telah mengeluarkan surat imbauan agar umat Hindu yang berasal dari luar Desa Adat Pesinggahan ngaturang bakti di merajan atau sanggah masing-masing.

“Kami sudah mengeluarkan surat imbauan tersebut. Tapi kami tidak melarang umat untuk melakukan persembahyangan. Kami juga mengimbau agar umat yang tangkil nanti tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujar Prajuru Pura Goa Lawah, Putu Juliadi, Minggu (4/10/2020).

Baca juga :  Tidak Pilah Sampah, Lima Warga Klungkung Disidang Tipiring

Menurut Putu Juliadi, rangkaian Pedudusan Alit di Pura Goa Lawah sudah dimulai sejak Kamis (1/10) dengan memasang taring. Setelah itu dilanjutkan masang penjor dan lainnya pada Minggu kemarin.

Puncak Pedudusan Alit di Pura Goa Lawah yang akan digelar Selasa (6/10) besok dipuput Ida Pedanda Istri Gede Ketut Keniten dari Griya Jumpung Anyar, Desa Dawan Klod.

Setelah puncak Pedudusan Alit, Ida betara  akan nyejer selama tiga hari dan terakhir masineb pada Jumat (9/10) nanti. “Kami tetap melaksanakan nyejer tiga hari karena hal ini sesuai Purana yang ada di Pura Goa Lawah,” katanya.

Baca juga :  Selama Covid-19, Volume Sampah di Klungkung Turun 30 Persen

Selain Pura Goa Lawah, saat bersamaan juga piodalan di Pura Pucak Sari yang letaknya tepat di utara bagian atas Pura Goa lawah. Pura Puncak Sari ini memang ada kaitannya dengan Pura Goa Lawah. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini