Hujan Semalaman di Bangli, Ini Dampak yang Ditimbulkan

0
5
Hujan Semalaman di Bangli, Ini Dampak yang Ditimbulkan
TUMBANG - Petugas saat menangani bambu tumbang yang melintang ke jalan. DenPost/ist

Bangli, DenPost

Hujan deras yang melanda Kabupaten Bangli dan sekitarnya pada Minggu (4/10/2020) mulai pukul 14.00 hingga Senin (5/10/2020) dini hari menimbulkan sejumlah bencana. Sebagaimana data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangli, musibah kebencanaan terjadi di dua kecamatan yakni Kecamatan Bangli dan Tembuku.

Rinciannya, di Kecamatan Bangli terjadi di Kelurahan Kawan. Serumpun bambu tumbang disertai tanah longsor di jalur Tegallalang-Tambahan. Akibatnya, arus lalin tertanggu karena robohnya bambu tersebut melintang di badan jalan.

Baca juga :  Lepas Kendali, Pemuda Asal Jakarta Tewas Usai Terbentur Aspal

Kemudian di Kecamatan Tembuku terjadi di Desa Jehem. Berupa tanah longsor di jalur Bangli-Tembuku-Karangasem. Musibah ini juga menyebabkan arus lalin terganggu. “Nihil korban jiwa. Upaya penanganan sudah kami koordinasikan dengan Dinas PU Provinsi Bali melalui mandor jalan Bangli-Tembuku,”kata Kepala Pelaksana BPBD Bangli, Ketut Gde Wiredana, didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangli, I Ketus Agus Sutapa.

Selain di Jehem, bencana juga terjadi Desa Undisan. Di mana tembok rumah warga dengan panjang 10 meter ambrol. Kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 30 juta. “Semoga tak ada kejadian lagi, sehingga kondisi Bangli aman dan nyaman. Mari tetap jaga kewaspadaan dampak perubahan cuaca La-Nina,”imbaunya.

Baca juga :  Omed-omedan di Banjar Kaja Sesetan Tetap Digelar

Sebagai informasi tambahan, fenomena La-Nina akan terjadi di Indonesia. Pihak Pusat Informasi Perubahan Iklim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Supari, mengingatkan masyarakat akan terjadinya fenomena La-Nina.

Dikutip dari website resmi bnpb.go.id, La-Nina merupakan peristiwa di mana terjadi penurunan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik bagian timur, yang menyebabkan peningkatan kecepatan angin pasat timur yang bertiup di sepanjang samudera pasifik. (128)

Baca juga :  Di Bangli, Kasus Covid-19 Bertambah 11, Satu di Antaranya Balita

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini