Pujawali di Pura Uluwatu Tanpa Nyejer

0
7
Pujawali di Pura Uluwatu Tanpa Nyejer
PUJAWALI - Pujawali di Pura Luhur Uluwatu yang dilaksanakan dengan prokes ketat. Salah satunya pemedek wajib mengenakan masker.

Kutsel, DenPost

Pujawali di Pura Dang Kahyangan Pura Luhur Uluwatu dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Selain mewajibkan penggunaan masker dan cek suhu tubuh, pemedek juga disiapkan tempat untuk mencuci tangan.

Bukan itu saja, untuk mencegah terjadinya kerumunan, pujawali kali ini tanpa peed dan hanya berlangsung sehari atau tidak nyejer seperti pujawali sebelum-sebelumnya.

Pangelingsir Puri Agung Jrokuta selaku Pengempon Pura Uluwatu, AA Ngurah Jaka Pratidnya alias Turah Joko, ditemui di lokasi memaparkan, karena dalam keadaan pandemi covid-19, umat diminta ngrastiti bhakti dari merajan masing-masing. Langkah  ini, kata dia, dilakukan sesuai dengan  hasil keputusan pada  paruman komponen Desa Adat Pecatu dengan Pengempon Puri Agung Jrokuta, Minggu (27 /9/2020) lalu.

Baca juga :  Satu dari Empat Korban Tewas Jatuhnya Heli di Kendal Asal Buleleng, Pengabenan 10 Juni

Lebih lanjut Turah Joko mengatakan, dalam pujawali ini tidak ada keinginan melarang umat untuk melakukan persembahyangan. Dia mempersilakan krama untuk melaksanakan persembahyangan, asalkan jangan sampai berkerumun dan wajib untuk menerapkan protokol kesehatan. “Kami tidak ada melarang untuk melakukan persembahyangan ke Pura Uluwatu, namun lebih baik ngayat bhakti dari rumah masing-masing,” sarannya. (113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini