Cegah Pencemaran Lingkungan, Desa Pejeng Bangun Ini

0
2
Picsart 10 06 07.00.19
RESMIKAN TPS - Wakil Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Mayun, saat meresmikan pembangunan TPS berbasis 3 R di Desa Pejeng, Tampaksiring, Gianyar, Selasa (6/10/2020).

Gianyar, DenPost

Sebagai upaya mengendalikan pencemaran dan kerusakan lingkungan, serta membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi masalah sampah, Desa Pejeng, Tampaksiring, Gianyar membangun Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) berbasis 3 R (Reuse, Reduce dan Recycle). Keberadaan TPS ini diresmikan Wakil Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Mayun, Selasa (6/10/2020).

Perbekel Desa Pejeng, Tjokorda Agung Kusuma Yuda, mengatakan dibangunnya TPS 3R karena selama ini persoalan sampah di Desa Pejeng sangat memprihatinkan. Di mana, produksi sampah tiap harinya mencapai 600- 700 kg. Sampah tersebut berasal dari sampah rumah tangga, pasar dan upacara agama.
“Sampah pasar yang paling sulit ditangani, sementara untuk sampah rumah tangga sebagian ada dibuang di halaman belakang rumah, sehingga kami memutuskan untuk membangun TPS berbasis 3R yang dananya bersumber dari desa,” kata Tjokorda Kusuma Yuda.

Baca juga :  Diterjang Banjir, Jembatan Menuju Pura Beji Pesiraman Amblas

Dikatakan, pembangunan TPS bersumber dari APBDes Pejeng Tahun 2019 sebesar Rp317 juta lebih dan pada tahun 2020 anggaran ditambah untuk pembangunan fisik sebesar Rp94 juta lebih. Belanja mesin Rp123 juta dan operasional penanganan sampah sebesar Rp279 juta. “Kami berharap Desa Pejeng bisa mengelola sampah secara mandiri dan tidak sampai mengirim ke tempat pembuangan sampah di wilayah lain,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Mayun, mengapresiasi atas pembangunan TPS Desa Pejeng. Hal ini menunjukkan semangat masyarakat Desa Pejeng untuk mendukung program Pemkab Gianyar dalam memerangi sampah.
(116)

Baca juga :  Ratusan Petugas Satpol PP Gianyar Di-rapid Test

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini