Dua KMP Hanyut di Selat Bali

0
5
Picsart 10 07 06.29.48
KAPAL HANYUT - Dua KMP yang sempat hanyut di selat Bali.

Negara, DenPost
Arus di selat Bali dikenal sangat kuat, sehingga kapal yang mengarungi selat Bali harus benar-benar dipastikan keamanannya. Akibat derasnya arus laut di lintasan pelayaran di selat Bali, Rabu (7/10/2020), dua unit kapal motor penumpang (KMP) yang melayani penyeberangan lintas Jawa-Bali hanyut.

Kapal tersebut, hanyut sampai di Perairan Gelung Kori, Lingkungan Penginuman, Gilimanuk.

Dari informasi, KMP Dharma Rucitra yang di nahkodai Supardi itu berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Rabu pagi. Namun, ketika keluar dari dermaga ponton Ketapang, kapal itu sempat tertahan karena arus deras. Namun, kapal berhasil melanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan Gikimanuk.

Baca juga :  Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Diingatkan Ini

Tiba-tiba, ketika mendekati Pelabuhan Gilimanuk kapal berubah haluan. Kemudian KMP yang memuat 8 unit truk sedang, 3 unit mobil pribadi dan 3 unit sepeda motor, serta 20 orang penunpang itu hanyut terseret arus. Nahkoda sudah berupaya untuk bertahan agar kapal tidak keluar lintasan pelayaran, namun gagal karena kekuatan mesin kapal kalah dengan derasnya arus. Setelah kapal sampai di perairan Gelung Kori sekitar 3 kilometer dari Pelabuhan Gilimanuk, KMP Dharma Rucitra berhasil bertahan di tempat tersebut.

Baca juga :  Puluhan Calon PPS di Jembrana Tidak Lolos

Kejadian sama dialami KMP Agung Wiliis 1 yang berlayar dari Pelabuhan Ketapang juga mengalami masalah. KMP yang dinahkodai Radian Dwi K., mengalami kerusakan mesin. KMP yang membawa 2 unit truk besar, 4 unit truk sedang dan 3 unit mobil pribadi, serta 5 unit sepeda motor dan 17 orang penumpang itu lalu hanyut juga sampai di perairan Gelung Kori. Kedua kapal yang bertahan di perairan itu, kemudian berhasil dibantu kapal lainnya.

Baca juga :  Simpan SS, Tiga Pelaku Narkoba Diciduk

Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, Kompol Gusti Nyoman Sudarsana, ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Kedua kapal tetap ditarik kapal lainnya guna pengecekan lanjutan di Pelabuhan Ketapang. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini