Pengelolaan Sampah di Taro Sudah Mulai Menghasilkan

0
5
Picsart 10 07 07.18.28
KELOLA SAMPAH - Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Surya Adnyani Mahayastra, saat mengunjungi pengelolaan material sampah di Banjar Belong, Desa Taro, Tegallalang, Gianyar, Rabu (7/10/2020).

Gianyar, DenPost

Fasilitas pengelolaan material sampah yang ada di Banjar Belong, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Gianyar yang diresmikan Bupati Gianyar, Made Mahayastra awal Juni 2020, kini telah menghasilkan pupuk organik untuk pertama kalinya.

Pengelolaan material sampah ini, mampu menampung sampah hasil dari 14 banjar yang ada di Desa Taro. Dengan mekanisme seminggu 2 kali diangkut dengan 1 mobil truk sampah.

Perbekel Desa Taro, I Wayan Warka, menyampaikan hal tersebut saat menerima kunjungan Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Surya Adnyani Mahayastra, di fasilitas pengelolaan material sampah di Banjar Belong, Desa Taro, Tegallalang, Gianyar, Rabu (7/10/2020).

Baca juga :  Jatuh ke Dalam Jurang, Kakek Tekes Tewas

Warka didampingi manager fasilitas, Dedi Sutrisna mengatakan untuk saat ini pengangkutan sampah di 14 banjar di Desa Taro masih bisa ditangani. Dengan mekanisme dalam waktu satu Minggu, yakni Senin, Selasa dan Rabu diambil sampah non organik dan selanjutnya diambil sampah organik. Untuk kedepannya agar lebih lancar, pihaknya berharap bisa menambah satu armada truk pengangkut lagi.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, pihaknya di TP PKK Kabupaten Gianyar selalu  memotivasi apa yang dilakukan masyarakat di Desa Taro. Yang terpenting adalah bagaimana menggerakkan masyarakat, khususnya ibu- ibu rumah tangga. Karena harus diakui, penyumbang sampah terbesar adalah dari rumah tangga.

Baca juga :  Tak Hanya Mengamankan Wilayah, Bhabinkamtibmas Siangan Juga Lakukan Ini

“Konsepnya yang benar kita tidak menggeser sampah, namun sampah kita olah di desa dan hasilnya kembali untuk desa setempat,” ujar Surya Adnyani Mahayastra. (116)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini