Empat ASN Dilaporkan ke Komisi ASN

0
2
Empat ASN Dilaporkan ke Komisi ASN
Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Bali, I Wayan Wirka

Sumerta Klod, DenPost

Sejak tahapan Pilkada 2020 dimulai, hingga saat ini Bawaslu telah menindak sebanyak empat Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Bali. Mereka diduga melanggar aturan karena terlibat dalam kampanye salah satu paslon. Itu dikatakan Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Bali, I Wayan Wirka.

“Ini (pelanggaran) terjadi di Jembrana dan Badung. Di Jembrana ASN menyebarkan postingan yang mengarah salah satu paslon. Di Badung, ASN ikut dalam rombongan paslon pada saat mendaftar di KPU Badung,” terangnya saat diwawancarai Kamis (8/10/2020).

Baca juga :  Jemput PMI, Tim Siapkan Bus dan APD

Temuan pelanggaran itu diketahui dari laporan masyarakat dan juga temuan langsung pengawas pemilu. Wirka menerangkan, apakah keempat ASN ini melanggar atau tidak, ditentukan oleh Komisi ASN. Begitu pula apabila terbukti melanggar, Komisi ASN yang akan menerapkan sanksi.

Mengenai netralitas ASN dalam Pilkada 2020, kata dia, sejatinya telah diantisipasi sejak awal tahapan Pilkada 2020 dimulai. Itu ditandai dengan pengawasan melalui Surat Cegah Dini (SCD) oleh Bupati/ Walikota kepada ASN. Selanjutnya, Bawaslu akan melakukan pengawasan secara langsung.

Baca juga :  Kecewa KRBB Buyar, Nasdem Belum Bersikap

“Bentuk pelanggaran yang sudah ditindaklanjuti adalah netralitas ASN dengan cara memberikan tanda like atau menyebarkan foto paslon melalui media sosial,” sebutnya. Bagaiamana apabila potensi pelanggaran terjadi di kanal privasi seperti pesan berjejaring?

Wirka mengatakan, potensi pelanggaran yang terjadi seperti WA Group, hanya bisa diketahui oleh anggota group itu. Lantaran WA Group bersifat publik terbatas, lanjut Wirka, maka tidak mungkin pengawas menemukan pelanggaran. Potensi pelanggaran bisa ditemukan apabila anggota group melapor.

Baca juga :  Sepekan, Ribuan Anjing Liar di Pesisir Pantai Divaksin

“Penindakan dilakukan atas laporan, dan temuan oleh pengawas jika hasil pengawasan Pengawas ditemukan dugaan pelanggaran,” tegasnya.  (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini