Di Jembrana, 4.000 Lebih Pemilih Pemula Belum Kantongi Ini

0
4
Picsart 10 08 06.17.04
KANTOR DUKCAPIL - Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jembrana.

Negara, DenPost

Pemilih pemula yang belum mengantongi E-KTP hingga saat ini mencapai 4.000 lebih. Ketua Bawaslu Jembrana, Pande Made Ady Muliyawan mengharapkan hal ini disikapi serius, sehingga pemilih pemula tidak kehilangan suaranya.

Guna menyikapi hal ini, KPU Jembrana telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jembrana.

Ketua KPU Jembrana, I Ketut Gde Tangkas Sudiantara, Rabu (7/10/2020) sore, mengatakan dari 237.422 pemilih yang tercatat dalam DPS (Daftar Pemilih Sementara) sebanyak 4.205 pemilih pemula yang belum mengantongi E-KTP.
“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil. Dari Dukcapil menyampaikan sudah jemput bola,” katanya.

Baca juga :  Tamba-Ipat Mendaftar ke KPU Jembrana, Diusung 13 Parpol, Yakin Capai Target 60% Suara

Dikatakan Tangkas, nama-nama warga dalam DPS sudah ditempel di setiap kantor kelurahan dan desa di Jembrana. Selanjutnya warga bisa mengeceknya untuk memastikan apakah sudah masuk dalam daftar pemilih atau belum.

Dikatakan pada, 14 Oktober 2020, baru ditetapkan menjadi DPT (Daftar Pemilih Tetap). “Mereka yang masuk dalam DPT nantinya berhak memilih dalam Pilkada Jembrana 2020,” terang Tangkas.

Sementara sesuai aturan lanjutnya, warga yang memiliki hak memilih adalah warga yang sudah berusia 17 tahun dan berdomisili di daerah pemilihan yang dibuktikan dengan KTP elektronik (E-KTP) atau surat keterangan dari dinas terkait.

Baca juga :  Puluhan PMI Jembrana Akan Jalani Pemeriksaan Swab

Sementara Plt. Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Jembrana, Wayan Sudana didampingi Kabid Pelayanan Informasi, Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, IB Yudana, dikonfirmasi membenarkan pihaknya sudah melakukan pengecekan data jumlahnya mencapai 4.067 orang.
Bahkan sistem jemput bila dilakukan untuk memenuhi target tersebut. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini