Tebing Setinggi Tiga Meter di Nyanglan Kaja Longsor

0
10
Picsart 10 12 05.49.31
TEBING LONGSOR - Kondisi tebing yang longsor di Banjar Nyanglan Kaja, Desa Bangbang, Tembuku, Bangli.

Bangli, DenPost

Kondisi topografi yang dikelilingi tebing tinggi dan pepohonan, membuat Kabupaten Bangli rawan terjadi tanah longsor maupun pohon tumbang. Seperti yang terjadi, Senin (12/10/2020), tanah longsor kembali terjadi. Kali ini berada di ujung perbatasan Bangli dengan Klungkung, yakni di Banjar/Desa Nyanglan Kaja, Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku. Tepatnya di sebelah barat Pura Puseh Desa Adat Nyanglan.

Bendesa Adat Nyanglan Kaja, Ida Bagus Nyoman Suta, didampingi Perbekel Bangbang, Pande Pandu Winata menyebutkan sejatinya saat hujan deras yang terjadi selama dua hari yakni pada, Jumat (9/10/2020) hingga Sabtu (10/10/2020), tebing setinggi tiga meter tersebut sudah amblas. Amblasnya tebing saat itu turut menggerus dua pohon besar mengarah ke badan jalan lingkungan.

Baca juga :  Satu PDP Diisolasi, Dinkes Lakukan Rapid Test di Selulung

Hujan kembali menerjang pada, Minggu (11/10/2020) malam. Akibatnya ambrolnya tebing itu kian melebar dengan perkiraan 5 meter. Amblasnya tebing yang kedua ini langsung menimbun jalan lingkungan yang menuju Geriya Kebon Desa Nyanglan tertutup. Hanya kendaraan roda dua dan pejalan kaki yang bisa melaluinya, itupun dengan cukup riskan. Mengingat, kondisi tanah di TKP nampak masih labil dan basah.

“Tadi pagi longsor lagi, yang sebelumnya masih bisa dilalui. Kami sudah hubungi BPBD untuk mohon bantuan,” kata Pande Pandu ditemui di TKP.

Baca juga :  Tiga SMP Masih Jadi Incaran Siswa di Bangli

Tak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini. Namun melihat situasi alam seperti sekarang ini, warga sekitar cukup waswas jika tak segera dilakukan penanganan. “Selain ada geriya, jalan ini juga sering dilalui warga untuk ke sawah atau ladang,” sambungnya.

Sekitar pukul 11.30 Wita, tim petugas dari BPBD Kabupaten Bangli tiba di lokasi untuk melakukan penanganan. (128)

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini