BNNK Turun ke Lapas, 30 Pejabat dan Petugas Dites Urine

0
5
BNNK Turun ke Lapas, 30 Pejabat dan Petugas Dites Urine
TES URINE - 30 pejabat dan petugas keamanan LP Karangasem di ambil urine untuk di tes kandungan narkoba.

Amlapura, DenPost

Sejumlah petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karangasem Selasa (13/10/2020) mendatangi Lembaga Permasyarakatan (LP)  Kelas II Karangasem. Sebanyak 30 pejabat struktural LP dan pegawai keamanan dites urine.

Kepala BNNK Karangasem, Kompol La Muati, mengungkapkan, pihaknya melakukan tes urine untuk memastikan para pejabat dan pegawai pengamanan di LP Karangasem bebas dari penyalahgunaan narkoba. “Tes urine merupakan upaya mengidentifikasi kandungan narkotika secara dini dengan menggunakan metode tertentu salah satunya melalui pemeriksaan urine. Kegiatan ini sesuai dengan Peraturan Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2018 adalah bersifat non pro justisia,” jelas La Muati. Dalam melakukan pemeriksaan, BNNK menggunakan alat rapid test dengan 8 parameter  (MOP, THC, MET, BZO, COC, K2, ETG, dan MDMA).

Baca juga :  Koster Dapat Apresiasi dari Petani Arak

Sementara itu, Kalapas Karangasem, Jaka Prihatin, menuturkan, test yang dilakukan ini sebagai bentuk membangun  kepercayaan publik tehadap petugas dan pejabat LP Karangasem bebas dari peredaran narkoba. “Walau ada 70 tahanan dengan kasus narkoba, kami pastikan di LP bebas dari penggunaan narkoba,” jelasnya. Tak hanya para pejabat dan petugas keamanan, baru-baru ini pihak lapas juga telah melakun test urine secara intern kepada para napi. “Kami lakukan rutin sebagai pendeteksi dini penyalahgunaan narkoba,” imbuhnya.

Baca juga :  Jaga Persawahan dan Berdayakan Petani, Pemuda Desa Ababi Lakukan Ini

Dari pemeriksaan 30 pejabat dan petugas keamanan, BNNK mengungkapkan hasil seluruhnya negatif. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini