Terjemahkan Kebijakan ke Masyarakat, BI Sepakat Tingkatkan Kompetensi Wartawan

0
5
Terjemahkan Kebijakan ke Masyarakat, BI Sepakat Tingkatkan Kompetensi Wartawan
UKW - Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Pelatihan Wartawan Ekonomi yang digelar Perwakilan BI Provinsi Bali, Rabu (14/10/2020).

Sanur, DenPost

Kompetensi wartawan dalam menjalani fungsi edukasi menjadi aspek yang dipandang penting oleh Bank Indonesia (BI). Posisi itu juga strategis, khususnya dalam menerjemahkan program dan kebijakan BI dalam menjaga keseimbangan perekonomian di Bali, kepada masyarakat.

Menimbang hal tersebut, Perwakilan BI Provinsi Bali sepakat bahwa kompetensi wartawan harus ditingkatkan. Hal itu diungkap Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho, saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Pelatihan Wartawan Ekonomi, Rabu (14/10/2020), di Sanur, Denpasar Selatan.

Baca juga :  Stok Babi untuk Galungan Masih Aman

“Pelatihan ini akan sangat bermanfaat sebagai pembekalan dan pemahaman kepada wartawan terkait kebanksentralan, khususnya isu strategis dan kebijakan terkini Bank Indonesia,” terangnya. Pelatihan juga akan dirangkai dengan diskusi mengenai kondisi pariwisata di Bali.

Dia menyebutkan, BI tidak hanya bertugas menjaga stabilitas moneter, sistem keuangan dan sistem pembayaran, namun juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui kebijakan dan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) serta merupakan mitra strategis Pemerintah, sebagai advisor Pemerintah Daerah.

Baca juga :  Harga Masker Kain Diharap Berskala Industri Rumahan

Maka, kata dia, penyampaian informasi tentang peran strategis Bank Indonesia kepada media sangatlah penting. Dalam upaya meningkatkan profesionalisme wartawan, KPwBI Provinsi Bali juga melakukan sinergi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali.

“Pelatihan wartawan ini juga akan mengundang narasumber dari PWI Nasional yang merupakan asesor UKW, sehingga seluruh peserta di wilayah kerja Bank Indonesia Provinsi Bali akan diberikan 1 (satu) simulasi uji kompetensi dan diberikan tugas langsung yang akan dikoreksi oleh narasumber,” urainya.

Baca juga :  Samuel, Pasien Sembuh: Jangan Panik, dan Hindari Stres

Ditambahnya, Sertifikasi Kompetensi Wartawan melalui UKW juga diatur dalam Peraturan Dewan Pers No. 1 tahun 2010, yang diperbarui dengan Peraturan Dewan Pers No. 4 tahun 2017 tentang Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW). (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini