5 Hekar Hutan Konservasi di Kintamani Kembali Terbakar

0
6
Picsart 10 14 07.04.01
TANGANI KEBAKARAN - Petugas Damkar saat menanganai kebakaran hutan di Bukit Pinggan, Kintamani.

Bangli, DenPost

Kondisi cuaca mendung yang dibarengi hujan deras sejak hampir sepekan ini yang terjadi di perkotaan, rupanya tak sama dengan di kawasan hutan lindung Gunung Batur, Kintamani, Bangli. Seperti Rabu (14/10/2020) sekitar pukul 10.00 Wita, kebakaran hutan kembali terjadi tepatnya di kawasan hutan lereng Bukit Pinggan dan kawasan hutan Banjar Paketan Desa Sukawana, Kintamani.

Kejadian itu pertama kali diketahui
Ni Ketut Ciri (50) seorang pedagang dari Desa Pinggan. Saat itu, dirinya melihat kepulan asap dari lereng hutan Desa Pinggan. Dia kemudian bergegas
memberitahukan ke dua warga lainnya, yakni Ni Ketut Ciri (50) dan Ni Nyoman Sariati (21), untuk sama-sama memadamkan api. Namun titik kebakaran sulit untuk dijangkau mengakibatkan kebakaran hutan meluas hingga ke Banjar Paketan, Desa Sukawana.

Baca juga :  Terima Banyak Keluhan Soal BST, Dewan Ingatkan Desa agar Transparan

Singkat cerita, informasi kebakaran itu sampailah pada petugas di lapangan hingga ke Kantor Pemadam Kebakaran. Dua unit pemadam diterjunkan untuk memadam api. Selain dari pemadam dan warga, penanganan api juga dibantu personel kepolisian dan TNI. “Ya benar terjadi kebakaran. Kami turunkan dua unit mobil tangki dengan 14 personel,” kata Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangli, I Dewa Agung Suryadarma.

Sementara dari identifikasi kepolisian,
diduga api bersumber dari gesekan ranting yang kering disertai angin kencang. Sedangkan lahan hutan yang terbakar diperkirakan mencapai 5 hektar lebih. (128)

Baca juga :  Akhirnya, Omed-omedan Hanya Libatkan Tiga Pasang ST

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini