Uji Swab Ditarget 3.000 Sehari

0
3
Uji Swab Ditarget 3.000 Sehari
Danrem 163/ Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf

Dangin Puri, DenPost

Bali menjadi provinsi yang diprioritaskan untuk meningkatkan pengujian dengan metode tes usap (swab). Hal itu bertujuan untuk memetakan rasio masyarakat yang terpapar Covid-19, sehingga dapat dilakukan perawatan kesehatan. Itu dikatakan Danrem 163/ Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf, Rabu (14/10) di Makorem.

Kata dia, merujuk data Dinas Kesehatan, Bali sementara hanya mampu melakukan 700 uji swab dalam sehari. “Diharapkan bisa 3.000. Namun alat PCR yang ada 18, tapi hanya 14 yang siap dan itupun masih memerlukan tenaga ahli untuk mengoperasikan. Ini masih dalam proses,” ungkapnya.

Baca juga :  Ratusan Koperasi di Denpasar Dapat Dana PBSU

Danrem mengatakan, Satgas Covid-19 Bali akan berupaya optimal untuk segera menghadirkan kebutuhan uji swab. Sejalan dengan rencana peningkatan uji tes, kata dia, saat itu dilakukan, akan terjadi pelonjakan kasus dari biasanya. Setelah klaster positif itu ditemukan, maka pemerintah akan melakukan perawatan kesehatan.

Mereka yang terpapar itu akan dikarantina di hotel-hotel yang disiapkan oleh pemerintah. Setelah sembuh, mereka akan kembali ke rumah masing-masing.  Saat ini, pemerintah provinsi telah mengaktifkan kembali satu hotel yang dijadikan tempat karantina. Sementara kabupaten/ kota diharapkan segera menyesuaikan.

Baca juga :  Satpol PP Sidak Pasar Ubung Kaja

“Dengan pemeliharaan kesehatan dengan baik, maka diharapkan Bali menjadi zona hijau,” sebutnya. Sekali lagi, Danrem mengatakan tahapan ini masih dalam proses. Sebab semua keperluannya, mulai dari penempatan alat PCR, elemen uji swab, dan tenaga medis, harus memenuhi standar kesehatan. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini