Soal Perubahan Perilaku di Bali, Ini Kata Danrem

0
6
Soal Perubahan Perilaku di Bali, Ini Kata Danrem
Danrem 163/ Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf

Dangin Puri, DenPost

Seiring gencarnya sosialisasi dan operasi disiplin penerapan protokol kesehatan (prokes), kesadaran masyarakat di Bali untuk mengubah prilaku pun meningkat. Hal ini diakui Danrem 163/ Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf. Dikatakannya, 80 persen dari jumlah masyarakat Bali telah mematuhi protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, mencuci tangan dan menerapkan penjarakan fisik.

“Perilaku masyarakat sudah menunjukkan kebaikan dan mematuhi protokol kesehatan,” katanya, Rabu (14/10/2020) di Makorem 163/ Wira Satya, Denpasar.

Baca juga :  Bantu Warga Terdampak, Posko 1 Satgas Banjar Pande Lakukan Ini

Capaian itu, kata dia, mengantarkan Bali menjadi salah satu dari tiga provinsi yang mendapat perhargaan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tahun 2020 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sementara dua provinsi lainnya yang mendapat penghargaan serupa yakni Jawa Tengah dan Bangka Belitung.

Kendati kesadaran masyarakat kian meningkat, dia menyebutkan Satgas Covid-19 Bali terus berupaya optimal dalam menurunkan intensitas penularan dan kasus meninggal berstatus covid-19. Kata dia, saat ini Korem 163/ Wira Satya terus meningkatkan donor konvalesen.

Baca juga :  Dua Kali Mangkir, Anggota DPRD Bali Dijemput Paksa

Kata dia, Kodam IX/ Udayana telah menggelar donor konvalesen secara bertahap. Pada tahap awal, kegiatan berlangsung di Denpasar, berikutnya di gelar di Kabupaten Klungkung dan Buleleng.

Upaya lain yang juga merupakan skema pemerintah pusat, yakni meningkatkan intensitas test (uji), tracing (penelusuran kasus), dan treatment (perawatan). Sejalan dengan upaya itu, dia menyebutkan penerapan skema itu masih dalam proses. Mulai dari ketersedian infrastuktur hingga sumber daya manusia. (111)

Baca juga :  Garong yang Incar Kos-Kosan Dibekuk di Terminal Ubung

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini