Bersiap, Karangasem akan Berlakukan Screening Massal

0
4
Bersiap, Karangasem akan Berlakukan Screening Massal
Pjs. Bupati Karangasem, I Wayan Serinah

Amlapura, DenPost

Mencegah penyebaran covid-19 hingga ke “akarnya”, Pemkab Karangasem dalam waktu dekat akan melakukan screening massal. Hal ini akan diberlakukan sebulan ke depan, sembari menanti kesiapan rumah sakit jika terjadi lonjakan kasus.

Hal tersebut diungkapkan Pjs. Bupati Karangasem, I Wayan Serinah, Rabu (14/10/2020) malam. Ia menuturkan, ada 10 provinsi di Indonesia yang akan melakukan ini. Salah satunya di Provinsi Bali, khususnya di Kabupaten Karangasem. “Praktiknya nanti, jika ada 1 orang yang dinyatakan positif covid-19, maka akan dicari orang-orang yang sempat berinteraksi dengan yang bersangkutan selama 3 hari sebelumnya,” ungkapnya.

Baca juga :  Anak di PHK, Ratin Harapkan Bantuan Modal Usaha

Nantinya, seluruh hasil tracking tersebut akan langsung dites. Kebijakan ini, lanjutnya, mungkin akan menimbulkan lonjakan kasus. ” Wajar memang jika terjadi lojakan kasus,  sebab kita cari hingga ke akar-akar penularan pertama. Setelah itu saya yakin akan landai kembali,” jelasnya.

Terkait itu, pihaknya kini tengah berupaya menyiapkan fasilitas pendukung. Salah satunya daya tampung RSUD Karangasem bila terjadi lonjakan kasus. Tak hanya itu, saat ini juga tengah disiapkan alat PCR yang memadai, agar nantinya hasil pemeriksaan pasien dalam proses screening massal dapat diketahui dalam satu hari. “Semoga dengan upaya ini, penyebaran covid-19 akan cepat teratasi, sehingga semua sektor khususnya pariwisata dapat kembali normal,” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  Perajin Rindik Tetap Berkarya Walau Tak Ada Pembeli

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini