Ketua DPR RI dan Menteri PPA Kunjungi Perajin Kain Tenun Cagcag Gianyar

0
4
Picsart 10 15 06.14.10
PERAJIN TENUN - Ketua DPR RI, Puan Maharani, didampingi Menteri PPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, saat mengunjungi perajin kain tenun Cagcag di Banjar Pengembungan, Desa Pejeng Kangin, Tampaksiring, Gianyar, Kamis (15/10/2020).

Gianyar, DenPost

Ketua DPR RI, Puan Maharani, didampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mengunjungi perajin kain tenun Cagcag di Banjar Pengembungan, Desa Pejeng Kangin, Tampaksiring, Gianyar, Kamis (15/10/2020).

Dalam kunjungan tersebut, Puan Maharani dan Bintang Darmawati melihat secara langsung aktivitas ibu-ibu perajin kain tenun Cagcag.

Puan Maharani, di sela-sela kunjungan mengatakan kerajinan kain tenun Cagcag ini agar dapat bisa dilestarikan dan dikembangkan, khususnya bagi generasi muda.

Baca juga :  Bale Peselang di Pura Desa Mas Ludes Terbakar

Menurutnya, untuk perajin tenun Cagcag bukan saja untuk ibu-ibu, namun juga buat semua perajin generasi yang ada di Bali. Bahkan generasi muda agar bisa membuat kain tenun ini. Bahkan hal ini menjadi PR bagi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk dapat mendorong dan melestarikan kerajinan tenun ini.

Sementara Perbekel Desa Pejeng Kangin, I Gede Purnadi Yoga mengatakan awalnya sebagian masyarakat di Pejeng Kangin  berprofesi di sektor pariwisata, namun karena pandemi Covid 19, sehingga akhirnya beralih profesi sebagai perajin kain tenun Cagcag. “Di masa Covid-19 ini, perajin semakin bergeliat karena hampir 60 persen masyarakat Pesalakan dan Pengembungan, Pejeng Kangin kembali menekuni kerajina kain tenun Cagcag ini,” tandasnya. (116)

Baca juga :  Warga Temukan Motor Terbakar di Pantai Siyut, Gianyar

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini