Di Jembrana Ditemukan Banyak Pemilih Ganda

Di Jembrana Ditemukan Banyak Pemilih Ganda
TETAPKAN DPT - KPU Jembrana menetapkan DPT Pilkada Jembrana 2020.

Negara, DenPost

KPU Jembrana, Kamis (15/10/2020) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Jembrana 2020. DPT Pilkada 2020 mengalami  peningkatan dibandingkan dengan DPT Pemilu 2019 lalu.

Dalam pleno terungkap, ribuan data pemilih terkoreksi dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil pencocokan dan penelitian (coklit). Terjadi perubahan data dari DP4 hingga DPS dan DPT.

Ketua KPU Kabupaten Jembrana, I Ketut Gede Tangkas Sudiantara, mengatakan, perbedaan data dari DP4 menjadi DPT disebabkan adanya perubahan data pemilih. Beberapa faktor yang menyebabkan perubahan data dari DP4 ke DPS dan menjadi DPT misalnya meninggal dunia, pindah domisili dan masuknya pemilih baru. Dia juga mengakui pada DPS hasil coklit masih ditemukan data pemilih ganda sehingga saat ditetapkannya DPT jumlahnya menurun.

“Berkurang 694 pemilih, karena ganda atau meninggal dunia,” jelasnya.

Baca juga :  Sambangi Tokoh Agama, Kapolsek Negara Tekankan Prokes

Sedangkan pemilih pemula yang setelah DPT ini ditetapkan hingga hari pemungutan suara pada 9 Desember 2019 mendatang baru berusia 17 tahun, dipastikan telah terakomodir dalam DPT.

Komisioner Divisi Data KPU Kabupaten Jembrana, Ni Putu Angelia, menambahkan, data awal yang digunakan dalam pemutakhiran data pemilih Pilkada Jembrana 2020 adalah DP4 yang dikeluarkan KPU RI. Total pemilih dalam DP4 sebanyak 248.288. Setelah dilakukan coklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) ditetapkan DPS sebanyak 237.422.

Baca juga :  Covid-19 Merebak, Satgas Kembali Lakukan Penyemprotan

DPS tersebut menurutnya kembali dilakukan perbaikan lantaran masih ditemukan pemilih ganda. DPT Pilkada Jembrana 2020 akhirnya ditetapkan sebanyak 236.748.  (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini