Banjar Abasan Siapkan Ruang Terbuka Hijau untuk Bermain Anak

0
5
Picsart 10 18 07.09.31
TANAM POHON - Penanaman pohon Tabebuya dan tanaman upakara di pinggir aliran Sungai Beji Merak, Banjar Abasan, Desa Singapadu Tengah, Sukawati, Minggu (18/10/2020).

Gianyar, DenPost

Warga Banjar Abasan, Desa Singapadu Tengah, Kecamatan Sukawati, Gianyar menggelar aksi penanaman 200 pohon Tabebuya dan 200 tanaman upakara di sepanjang aliran Sungai Pura Taman Beji Merak, Minggu (18/10/2020). Penanaman pohon penghijauan ini melibatkan generasi muda dari Seka Teruna Banjar Abasan dan relawan cilik dari Trash Warrior.

Koordinator Pelestarian Sungai Beji Merak, Banjar Abasan, I Made Wisnawa mengatakan kawasan beji ke depan akan dijadikan ruang terbuka hijau untuk anak-anak bermain. Tidak bisa dipungkiri, di era modern saat ini ruang bermain anak di luar rumah semakin terbatas. “Awalnya, sejak 2 bulan lalu kami para relawan melakukan aksi pembersihan seluruh telajakan sungai agar terlihat lebih asri dan bersih,” katanya.

Baca juga :  Restoran di Pengosengan Ludes Terbakar Tengah Malam

Setelah bersih, penataan ini mendapat dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gianyar dengan pemberian ratusan bibit pohon Tabebuya dan pohon upakara. “Setelah ini, kami ada rencana menanam pohon bunga Merak Bali di sepanjang sungai agar pas dengan nama Beji Merak,” katanya.

Aksi pelestarian lingkungan ini gencar dilakukan Made Wisnawa beserta relawan lain untuk mengisi waktu selama pandemi Covid-19 yang mewabah sekarang ini. “Untuk saat ini anak-anak akan kami koordinasikan setiap Minggu. Untuk hari biasa kita relawan saja yang turun, karena masih banyak yang perlu kita tata,” kata Wisnawa yang puluhan tahun berkecimpung di dunia pariwisata ini.

Baca juga :  Dahan Beringin Patah Timpa Bangunan di Pura Penataran Erjeruk

Bersamaan dengan pelestarian lingkungan, Made Wisnawa dan kawan-kawan berencana memanfaatkan lahan milik desa untuk arena bermain anak-anak. (116)

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini