Toleransi Kegiatan Masyarakat, Satgas Tetap Awasi Penerapan Prokes

0
5
Toleransi Kegiatan Masyarakat, Satgas Tetap Awasi Penerapan Prokes
Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra

Dauh Puri, DenPost

Satgas Covid-19 Provinsi Bali secara berkelanjutan memberikan edukasi mengenai penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat. Salah satunya meningkatkan pengawasan terhadap sejumlah kegiatan masyarakat yang telah direkomendasi oleh Satgas di tingkat desa hingga tingkat provinsi.

“Sekarang kegiatan-kegiatan (aktivitas masyarakat) banyak dengan kesadaran tinggi minta rekomendasi dari Satgas Provinsi. Ada beberapa kegiatan  orang ragu-ragu melakukan, kemudian membutuhkan rekomendasi dari Satgas, kita berikan rekomendasi,” ungkap Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra, Selasa (20/10/2020) di Denpasar.

Baca juga :  Dipolisikan IDI, Jerinx SID Tak Penuhi Pangilan Pertama

Dikatakannya, rekomendasi diberikan dengan catatan kegiatan tersebut menerapkan prokes secara disiplin. Untuk memastikan catatan itu diterapkan, dia menyebut Satgas juga memantau kegiatan, sehingga diharapkan kegiatan itu tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19.

“Ada monitoring dari Satgas untuk memastikan rekomendasi kota dilaksanakan. Kalau tidak, stop (pemberhentian kegiatan).

Kepala Desa Peguyangan Kangin, Denpasar Utara, Wayan Susila menyebutkan, kegiatan masyarakat pada umumnya upacara adat seperti penikahan, pemakaman dan upacara keagamaan. Dalam praktiknya, pengawasan dilakukan Gugus Tugas Gotong Royong, yaitu tim penanganan Covid-19 di tingkat Desa Adat bersama Pemerintahan Desa. “Gugus Tugas Gotong Royong yang mengawasi, kami di tingkat Pemerintah Desa membantu pengadaan alat, obat dan penyemprotan disinfektan,” ujarnya. (106)

Baca juga :  Pemuda Asal Tenganan Diduga Disiksa Begal Hingga Tewas di Renon

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini