Empat Desa di Klungkung Nol Kasus Covid-19

0
7
Picsart 10 20 07.29.06
Kadiskes Klungkung, dr. Ni Made Adi Swapatni.

Semarapura, DenPost

Jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Klungkung terus bertambah. Namun dibalik itu, hingga Selasa (20/10) ada empat Desa di “bumi serombotan” ini nol kasus positif Covid-19. Keempat Desa tersebut, yakni Desa Tohpati (Kecamatan Banjarangkan), Kampung Gelgel (Kecamatan Klungkung) dan Desa Sakti, serta Jungutbatu (Nusa Penida).

“Sampai saat ini tercatat ada empat desa dengan nol kasus Covid-19. Dan keempat desa memang belum ada warganya yang tertular Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Klungkung, dr. Ni Made Adi Swapatni.

Baca juga :  WNA Dalam Pengawasan Dirawat di RSUD Klungkung, Ini Kata Suwirta

Menurut dr. Adi Swapatni, belum adanya kasus positif Covid-19 di empat desa tersebut tidak terlepas dari peran aparat desa dan juga satgas di masing-masing desa. Tim dikatakan benar-benar melakukan pengawasan terhadap warganya, sehingga protokol kesehatan bisa dijalankan dengan baik. Demikian juga dengan mobilitas warganya yang benar-benar dijaga dan diawasi.

Diapun mencontohkan di Desa Jungutbatu, Nusa Penida. Ketika pandemi Covid-19 mulai merebak, Desa Jungutbatu memberlakukan aturan cukup ketat dalam pengawasan mobilitas warganya. Apabila ada warga yang datang dari luar, diwajibkan untuk rapid test. Cara-cara inipun diyakni mampu membendung penularan Covid-19.

Baca juga :  Suwirta Ajak Kepala OPD Sisihkan Pendapatan

“Kami tidak melakukan survei secara langsung. Tapi seperti di Desa Jungutbatu di awal-awal pandemi, mereka sangat luar biasa satgasnya. Ada kebijakan rapid test, satgas desa dan gotong royongnya cukup ketat, sehingga sampai saat ini warga di Jungutbatu belum terpapar,” ungkapnya. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini