Khawatir Covid-19, Minat Masyarakat Ikut KB Berkurang

0
5
Khawatir Covid-19, Minat Masyarakat Ikut KB Berkurang
KB KESEHATAN - Kegiatan program KB kesehatan yang dilaksanakan Kodim Jembrana di Yeh Sumbul, Selasa (20/10/2020).

Negara, DenPost

Virus corona membuat penurunan di segala lini. Tidak hanya di sektor ekonomi dan pariwisata, termasuk minat masyarakat ikut program Keluarga Berencana (KB) juga berkurang.

Hal ini terungkap saat kegiatan pembukaan program KB kesehatan semester II Tahun 2020 yang digelar Kodim 1617 Jembrana, di Aula Kantor Desa Yehsumbul, Kecamatan Mendoyo Jembrana, Selasa (20/10/2020).

Dalam kegiatan yang dibuka Dandim 1617 Jembrana, Letkol Inf Hasrifuddin Haruna itu, Kabid BKKBN Kabupaten  Jembrana, I Putu Suarnita mengharapkan masyarakat tidak khawatir terkait pelayanan KB di Jembrana. Masyarakat dipastikan mendapat pelayanan serta dianjurkan mengurangi kegiatan di luar rumah  karena perkembangan kasus covid-19 cenderung meningkat.

Baca juga :  ODP Covid-19 di Jembrana 17 Orang, Satu Diisolasi

“Sesuai imbauan pemerintah tunda dulu ke faskes selama covid- 19 jika tidak dalam kondisi gawat. Selalu tetap menerapkan protokol kesehatan yakni dengan 3M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak,” terangnya.

Lebih lanjut Suarnita menerangkan, permasalahan yang terjadi pada masa pandemi covid-19 di mana masyarakat enggan datang ke faskes karena takut tertular covid-19. Hal ini turut mempengaruhi minat masyarakat untuk mengikuti KB. “Makna urgensi dan pelayanan KB di era new normal ada perubahan perilaku dengan aktivitas normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Baca juga :  Ketua Persit Minta Anggotanya Tingkatkan Kepekaan Sosial

Dandim Haruna menambahkan, program KB kesehatan merupakan salah program TNI di bidang kesehatan yang diselenggarakan Kodim 1617 Jembrana setiap semester pada tiap tahun. Selain hal tersebut beberapa program kegiatan yang sering dilaksanakan Kodim 1617 Jembrana seperti Bakti TNI serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya dengan merangkul elemen masyarakat maupun ormas-ormas.

Kepada seluruh elemen masyarakat di wilayah Jembrana Haruna berharap apabila ada permasalahan agar jangan ragu menyampaikan kepada Babinsa yang bertugas di masing-masing desa. Nantinya Babinsa akan meneruskan masukan maupun laporan tersebut kepada Danramil maupun Dandim sehingga permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

Baca juga :  Kejari Negara Musnahkan BB Tindak Pidana Umum

“Besar harapan saya semoga program ini  bisa memberikan dampak yang positif kepada masyarakat serta mewujudkan sinergi antara TNI, Pemerintah dan BKKBN dalam usaha meningkatkan kualitas kesehatan guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Jembrana” katanya. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini