Petani Jembrana Kembali Eksis di Masa Pandemi

0
9
Petani Jembrana Kembali Eksis di Masa Pandemi
SAWAH - Pascapanen para petani di Jembrana kini bersiap kembali menanami sawahnya.

Negara, DenPost

Pascakemarau panjang 2019, kini para petani di Jembrana kembali eksis. Meski masa pandemi, para petani tetap semangat menanam padi. Setelah musim panen raya September lalu, kini petani khususnya di petani subak basah  langsung menyesuaikan musim tanam padi yang sempat tertunda dan mundur.

Sebelumnya kemarau panjang yang terjadi tahun 2019 berlangsung lebih dari lima bulan. Kondisi tersebut mengakibatkan musim tanam padi terganggu lantaran kesulitan suplai air.

Baca juga :  Rumah Lansia Dilempari Orang Tak Dikenal

Salah seorang petani di Subak Benel, I Putu Suyadnya, Kamis (22/10/2020) mengatakan, pada umumnya setahun bisa tiga kali musim tanam. Tapi karena kemarau lebih Panjang di tahun 2019, saat itu musim tanam tertunda dan molor.

“Tahun lalu hanya dua kali musim tanam. Musim tanam yang kedua itu jadi satu dengan musim tanam pertama tahun 2020,” ungkapnya. Sedangkan musim tanam di tahun 2020 ini baru berlangsung dua kali karena mundur. Bersama petani lainnya, Suyadnya kini menyesuaikan kembali musim tanam di musim hujan ini.

Baca juga :  Cegah Penyakit Ternak Babi, Petugas Keswan Gencar Sosialisasi

Dikatakannya, setelah musim  panen kedua tahun ini, musim hujan normal, sehingga untuk menyesuaikan kembali tidak ada jeda tanam. “Sekarang persiapan kembali musim tanam ketiga” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, I Wayan Sutama, mengatakan, musim penghujan saat ini mengembalikan musim tanam padi ke musim tanam normal seperti terdahulu.

Dari berbagai pola musim tanam padi yang dimiliki setiap subak di Jembrana, dengan situasi cuaca yang mendukung ini pihaknya berharap subak juga mempercepat pola tanamnya.  Ia menyebut, luasan sawah di Jembrana mencapai 6.724 hektar dan saat ini dari 148 subak di Jembrana,  ada 84 subak basah yang masih produktif. (120)

Baca juga :  Dandim Jembrana Beri Kejutan Kapolres Jembrana

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini