Warung Kecil Pun Mesti Taat Prokes

0
11
Warung Kecil Pun Mesti Taat Prokes
TAAT PROKES – Aktivitas di warung sembako milik Ni Ketut Suminten. Baik penjual maupun pembeli, sama-sama menggunakan masker. Pemilik warung juga menyediakan tempat cuci tangan bagi pembeli.

Dauh Puri, DenPost

Disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) diyakini mampu menekan penyebaran virus corona. Selain perorangan, disiplin menerapkan prokes juga berlaku untuk pemilik usaha. Mereka wajib menyediakan sarana pendukung prokes di masing-masing tempat usahanya. Tidak hanya usaha besar seperti mall dan toko berjaringan, warung-warung kecil pun wajib menyediakan sarana pendukung prokes seperti tempat untuk mencuci tangan.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma, Kamis (22/10/2020). Sebagai bagian dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar khususnya bidang ekonomi, Dinas Koperasi meminta seluruh tempat usaha, khususnya yang bergerak di bidang perdagangan menyediakan sarana pendukung prokes. “Termasuk warung-warung kecil. Mereka kan pasti didatangi pembeli, nah menjadi kewajiban pemilik warung untuk menyediakan tempat mencuci tangan untuk konsumennya. Begitu pun kalau ada pengunjung yang tidak mengikuti prokes, pemilik warung harus mengingatkan,” katanya.

Baca juga :  Distan Denpasar Bagikan Disinfektan ke Peternak Babi

Salah seorang pemilik warung, Ni Ketut Suminten, mengaku sudah menerapkan prokes di warung sembakonya. Selain dia sendiri menjalankan prokes, pembeli yang datang juga diharuskannya mencuci tangan di tempat yang sudah disedikan. “Saya selalu menerapkan 3 M, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Saya juga menegur kalau ada pembeli yang tidak menggunakan masker, tapi itu jarang terjadi. Rata-rata sudah paham prokes,” terang pemilik warung di Kawasan Jalan Wijaya Kusuma Denpasar itu.

Baca juga :  Corona di Bali : Positif 311, Sembuh 204, dan 103 Dirawat

Hal senada dikatakan pemilik warung lainnya, Ni Ketut Sari Antini. Di toko kecilnya di Kawasan Jalan Cekomaria, Denpasar, dia mengaku selalu mengingatkan penjaga tokonya untuk disiplin menerapkan prokes. “Penjaga toko harus memakai masker, pengunjung juga begitu. Tempat cuci tangan juga disediakan. Tapi sekarang masyarakat sudah jeli, sudah jarang ditemukan ada pembeli tak memakai masker, semua sudah tahu dan taat,” pungkasnya.  (111)

Baca juga :  Kepala Inspektorat Denpasar Meninggal Akibat Covid-19

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini